Menu Close

Ciptakan ASN menjadi “The Guardians of the State”, LAN Kembali Selenggarakan Pelatihan Pengembangan Karakter ASN BerAKHLAK

Jakarta – Salah satu relasi konstitusional antara warga negara dan negaranya ialah dalam wujud upaya bela negara sebagaimana dijelaskan pada pasal 27 ayat (3) UUD 1945 bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, relasi konstitusional ini perlu diinternalisasikan kepada seluruh elemen bangsa termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Basseng,M.Ed saat memberikan sambutan pada Upacara Penutupan Pelatihan Pengembangan Karakter ASN BerAKHLAK Angkatan III yang diselenggarakan di Depo Pendidikan (Dodik) Bela Negara Rindam III Siliwangi, Lembang, Jawa Barat, Kamis (8/7).

Basseng melanjutkan, ASN sebagai Guardians of The State memiliki tugas dalam upaya mempererat persatuan dan kesatuan untuk memperkuat pertahanan negara dari berbagai ancaman terutama yang datang dari dalam atau internal.

“Oleh karena itu, selama kurang lebih 4 (empat) hari, peserta yang berjumlah 60 orang ini telah digembleng untuk mampu menginternalisasikan nilai-nilai dasar ASN (Core Values) BerAKHLAK serta Bela Negara, yang tentu saja harapannya dapat terbentuk sosok ASN paripurna dalam menjalankan tugas dan fungsinya” tegas Basseng

Lebih jauh ia menambahkan, pelaksanaan tugas pokok dan fungsi ASN sebagai pelayan publik akan lebih berkualitas apabila setiap ASN mampu menginternalisasikan serta mengimplementasikan core values tersebut, adapun BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.  

“Sebagaimana diketahui core Values ASN BerAKHLAK tidak terlepas dari tujuan strategis LAN dalam meningkatkan kompetensi aparatur di seluruh indonesia sehingga mampu bersaing dalam tatanan global, hal ini sejalan dengan visi misi Presiden Joko Widodo dalam membangun SDM unggul dan berdaya saing” tambahnya.

“Pelatihan pengembangan karakter ini telah kita desain dimana kita menyiapkan generasi penerus, khususnya generasi penerus di lingkungan LAN siap menghadapi perubahan lingkungan yang sangat cepat tadi. Untuk itu selama 3 hari para peserta telah menjalani berbagai agenda, agenda yang dipersiapkan untuk membuat generasi penerus LAN ini menjadi semakin Tangguh, semakin percaya diri, menjadi semakin berkinerja tinggi dengan dilandasi kesadaran bela negara dan nilai dasar ASN BerAKHLAK” tutupnya..

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Umum dan SDM LAN, M. Yusuf Gunawan Idris, SIP., ME. Komandan Dodik Bela Negara Rindam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Inf. Gandu Widiyo Putro.

Scroll Up