Menu Close

Tekankan Digitalisasi Koperasi dan Diversifikasi Usaha, Kepala LAN Buka RAT Koperasi Pegawai LAN Tahun Buku 2021

Jakarta – Koperasi Pegawai Lembaga Administrasi Negara (KOPELAN) perlu melakukan transformasi berupa digitalisasi layanan koperasi serta diversifikasi usaha dalam rangka memberikan kemudahan serta peningkatan pelayanan terhadap anggotanya. Hal ini diungkapkan Kepala LAN sekaligus Pembina KOPELAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KOPELAN Tahun Buku 2021 yang diselenggarakan secara blended di Auditorium Makarti Bhakti Nagari, LAN Veteran, Kamis (30/6).

Lebih jauh Adi menjelaskan, melalui digitalisasi koperasi akan memudahkan para anggotanya untuk mengakses usaha-usaha yang dilakukan oleh koperasi, selain itu juga dapat pula menampung aspirasi anggotanya dengan memanfaatkan platform-platform digital.

“Tumbuh kembangnya koperasi tidak terlepas dari kontribusi anggotanya, maka kedepannya koperasi LAN dapat me-record kontribusi anggotanya dalam mengembangkan usaha-usaha koperasi, semakin besar kontribusinya tentu saja Sisa Hasil Usaha (SHU) yang didapat pun akan berbeda” tambahnya.

Berdasarkan laporan, Kepala LAN menjelaskan, adanya peningkatan SHU Koperasi Pegawai LAN sebesar 63 persen terutama pada sektor usaha simpan pinjam, peningkatan ini diakibatkan masa pandemi tahun lalu, yang menyebabkan banyaknya  pegawai yang mengajukan pinjaman pada koperasi.

“Hal ini menunjukkan bahwasanya koperasi LAN mampu berkontribusi dalam mensejahterakan anggotanya terutama di masa krisis kemarin, kedepannya saya harap Koperasi LAN mampu mengembangkan sektor usahanya misalkan dalam pembelian perumahan bagi pegawai LAN ” tambahnya.

“Dengan kepengurusan yang mayoritas kaum milenial ini, koperasi pegawai LAN dapat terus melakukan inovasi dan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi informasi serta jenis-jenis usaha baru yang dampaknya dapat dirasakan para anggotanya” tutupnya.

Ketua Umum Pusat Koperasi Pegawai RI Wilayah Provinsi DKI Jakarta Agus Salim, SIP., M.Si dalam kesempatan itu mengapresiasikan usaha Koperasi LAN yang telah menyelenggarakan RAT sebagai bukti pertanggungjawaban pengurus koperasi kepada anggotanya, ia juga berharap ini menjadi momentum untuk tetap menunjukkan performance-nya di tahun-tahun mendatang.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Seksi Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Provinsi DKI Jakarta, Boy Ismanto, S.Sos., M.Si menuturkan, koperasi pegawai LAN juga dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional serta dapat melakukan transformasi digital koperasi, tutupnya.

Dalam kesempatan itu pertanggungjawaban pengurus  dan pengawas disampaikan oleh Ketua Koperasi Pegawai LAN Periode 2021-2023, Trixsaningtyas Gayatri, S.IP., M.Si dan Ketua Pengawas KOPELAN, Widhi Novianto, S.Sos., M.Si. 

Scroll Up