Menu Close

Ingatkan CPNS Selalu Internalisasikan Nilai Berakhlak, LAN Lepas Peserta Latsar Gelombang I 2022

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah me-launching core values Berakhlak dan employer branding ASN “bangga melayani bangsa” yang menjadi fondasi sekaligus  semangat bagi ASN dalam upaya peningkatan kinerja aparatur pemerintah. Oleh karena itu nilai dasar ini perlu ditanamkan pada diri setiap ASN dimulai dari masuk sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sampai dengan pensiun nanti. Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr.Agus Sudrajat, S.Sos., MA saat memberikan sambutan dalam acara pelepasan peserta pelatihan dasar (latsar) yang diselenggarakan di Graha Makarti Bhakti Nagari, LAN Corporate University, Sabtu (25/6).

Adapun Core Values Berakhlak merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis,Loyal, Adaptif, Kolaboratif, sedangkan employer branding sendiri menjadi dasar bagi seluruh ASN untuk senantiasa melayani dengan segenap hati. Lebih jauh Agus menjelaskan, Core values ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo, “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”

“BerAKHLAK merupakan panduan perilaku bagi ASN. Nilai dasar yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab, dan menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Oleh karena itu, saya menekankan bahwa Core Values dan employer Branding harus terinternalisasikan pada tiap individu ASN sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupannya sehari-hari.” tegas Agus Sudrajat.

Ia menambahkan sebagai ASN kita terikat dengan kode etik dan Disiplin PNS oleh karena itu semua tindakan kita perlu dipikirkan secara matang termasuk bijaksana dalam penggunaan media sosial, PNS juga tidak boleh terlibat dalam paham radikalisme dan penyalahgunaan narkotika.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengembangan Kader ASN, Dr. Mariman Darto, S.Sos. M.Si dalam laporan nya menyampaikan, pelatihan dasar CPNS ini terdiri dari 3 angkatan yang diikuti oleh 120 peserta. Adapun kurikulum latsar uni disusun dalam rangka memenuhi kebutuhan pembentukan pns profesional, berkarakter, memiliki wawasan pengetahuan serta mampu menguasai bidang tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Berikut merupakan 3 (tiga) peserta terbaik dari masing-masing angkatan :

Angkatan I

  1. Willy Rifokto Kesuma Dharmawan – KemenPAN RB
  2. Faza Marcia Devana – ANRI
  3. Mega Maudy Stephanie Simarmata – KemenPAN RB

Angkatan II

  1. Aisyah Nusa Ramadhana, S.Ian. – KemenPAN RB
  2. Monica Amy Nabella, S.I.P. – KemenPAN RB
  3. dr. Fatimah Zuhra Pemko Batam

Angkatan III

  1. Teguh Budi Santoso, S.Sos – KemenPAN RB
  2. dr. Muhammad Iqbal Mubaroq Lubis – Pemko Batam
  3. Josiah Zentaluary Lanapu, S.E – KemenPAN RB
Skip to content