Menu Close

Puslatbang KDOD Gelar Launching Aplikasi SIMPAN

SAMARINDA – Sistem monitoring terkait proses pertanggungjawaban keuangan di Puslatbang KDOD selama ini memang belum dilakukan dengan baik. Seringkali terjadi miskomunikasi dan kekurangan informasi terkait dengan sejauhmana proses pertanggungjawaban keuangan telah dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, seorang pegawai Puslatbang KDOD Adli Muhammad Siswoko, yang saat ini juga sedang menjalani Pelatihan Dasar CPNS membangun sebuah aplikasi yang dinamakan dengan SIMPAN, yaitu singkatan dari Sistem Monitoring Pertanggungjawaban Keuangan. Adli melakukan launching aplikasi tersebut di depan seluruh pegawai Puslatbang KDOD, di Auditorium Puslatbang KDOD, Jum’at (10/6). Adli mengatakan bahwa aplikasi ini diharapkan dapat membantu kelancaran proses pertanggungjawaban sebagai sebuah proses penyampaian informasi yang baik dari poksi Perencanaan dan Keuangan (Renaku) kepada poksi yang lain. selain itu, diharapkan pula terjadinya peningkatan efektivitas proses pencairan tagihan yang berkaitan dengan kegiatan operasional Puslatbang KDOD.

“Sesuai dengan mata pelatihan Smart ASN, isu ini saya rasa penting untuk diangkat, mengingat saat ini pula kita sudah beralih pada pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek” ujar Adli. “Transformasi digital ini menjadi sebuah solusi dalam mengurangi kesalahpahaman, serta memudahkan berbagai pihak untuk mendapatkan informasi terkait proses pertanggungjawaban keuangan” lanjutnya lagi. Menurut Adli, sistem ini juga menjadi sebuah bentuk nyata dari aspek transparansi dari kinerja yang dilakukan oleh poksi Renaku di Puslatbang KDOD.

Kegiatan Launching Aplikasi SIMPAN ini menjadi salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilakukan Adli dalam proses pelatihan yang dijalaninya. Dari hasil sosialisasi, ia telah menerima berbagai masukan dan saran dari berbagai pihak dalam rangka penyempurnaan aplikasi tersebut. Selanjutnya, Adli juga akan melakukan evaluasi hasil dari penerapan aplikasi tersebut, yang menjadi kegiatan terakhir dalam seluruh rangkaian kegiatan di pelaksanaan Aktualisasi yang tengah ia jalani. (ler/ler)

#lanuntuknegeri #puslatbangkdod #asnberakhlak

Scroll Up