Menu Close

LAN Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan untuk Ketiga Kalinya

Pekanbaru – Lembaga Administrasi Negara kembali menorehkan prestasi, kali ini dari Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan dengan kategori Sangat Memuaskan (AA) tingkat Lembaga Pemerintah Non Kementerian untuk ketiga kalinya. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto kepada Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM pada Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2022, di Grand Ballroom, Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau, Rabu (18/5).

Reni Suzana menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen pimpinan dan para pejabat serta pengelola kearsipan di lingkungan LAN, sehingga LAN dapat memperoleh penghargaan ini untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Komitmen tersebut sangat diperlukan dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan kearsipan, sehingga diperoleh kemajuan signifikan dalam pengelolaan kearsipan di lingkungan LAN.

“Tentunya, ke depan, tantangan pengelolaan kearsipan akan semakin sulit seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi. Untuk itu, kami akan terus berupaya mengikuti dan menyesuaikan perkembangan teknologi informasi, sehingga pengelolaan arsip bisa diakses dengan mudah, dimanapun dan kapanpun” tambah Reni.

Pada kesempatan tersebut, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa arsip menjadi bagian penting dalam reformasi birokrasi. Kearsipan memiliki peranan penting sebagai bagian dari sumber informasi yang terekam dan objektif. 

“Sejalan dengan arahan Bapak Presiden, bahwa kemampuan Indonesia dalam mengelola arsip harus semakin baik, karena arsip merupakan landasan untuk membuat kebijakan yang cepat dan tepat,” terangnya.

Menteri PANRB juga menyampaikan bahwa arsip memiliki peranan penting dalam pelaksanaan kepemerintahan yang baik (good governance). Tjahjo Kumolo juga mendorong instansi pemerintah untuk melakukan digitalisasi arsip sebagai bentuk pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) melalui aplikasi berbagi pakai kearsipan SRIKANDI.

Sebagai informasi, LAN mendapatkan kategori Sangat Memuaskan (AA) sejak tahun 2019. Pada pengawasan kearsipan tahun 2021 jumlah institusi yang dilakukan pengawasan kearsipan tingkat pusat terdiri dari 34 Kementerian, 27 LPNK dan 31 Lembaga Tinggi Negara/Lembaga Setingkat Kementerian, Lembaga Non Struktural dan Lembaga Penyiaran Publik, 34 Pemerintah Provinsi dan yang dilakukan oleh Provinsi terhadap Kabupaten/Kota sebanyak 364 kab/kota. Adapun komposisi nilai hasil pengawasan kearsipan terdiri dari nilai hasil pengawasan kearsipan eksternal dengan bobot 60% dan pengawasan kearsipan internal dengan bobot sebanyak 40%.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati, ST, SH, MH

Skip to content