Menu Close

Gandeng BSI, Puslatbang KDOD Gelar Workshop Pengelolaan Pengaduan

SAMARINDA – Sebagai salah satu lembaga pemerintah, Puslatbang KDOD memiliki sebuah kewajiban untuk terus memberikan peningkatan pelayanan kepada stakeholders. Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pengelolaan pengaduan, yang dikumpulkan dari seluruh stakeholders melalui berbagai media. Pengelolaan pengaduan sendiri menurut PerMENPAN dan RB Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional adalah sebuah kegiatan penanganan pengaduan yang sesuai dengan mekanisme dan tata cara pengelolaan pengaduan. Dalam rangka memberikan peningkatan pemahaman terkait hal tersebut, Puslatbang KDOD menggandeng Branch Manajer Bank Syariah Indonesia Cabang Samarinda DI Panjaitan Hendri Hariadi, untuk memberikan materi dalam Workshop Pengelolaan Pengaduan yang digelar di Auditorium Puslatbang KDOD, Kamis (14/3) .

Kegiatan yang sebenarnya merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Tim RB Area Pelayanan Publik Puslatbang KDOD ini dibuka secara resmi oleh Kepala Puslatbang KDOD Dr. Muhammad Aswad, M.Si, dan dimoderatori oleh Widiyaiswara Muda Puslatbang KDOD Veronika Hanna Naibaho. Dalam paparannya, Hendri menyampaikan bahwa customer adalah raja, sehingga apapun aduan atau masalah yang dihadapi oleh customer, harus segera ditindaklanjuti dengan baik dan cepat. “Kita harus membangun engagement dengan customer” tegas Hendri. “Untuk menghadapi complain dari customer, kita harus mampu menjadi pendengar yang baik. Biarkan customer berbicara sampai tuntas, baru kemudian kita respon dengan baik, kita lakukan pendekatan persuasif, kita bangun hubungan emosional dengan mereka, baru kemudian kita carikan jalan keluarnya” lanjutnya lagi.

Menurut Hendri, hal penting lainnya yang harus kita miliki dalam menangani pengaduan adalah dengan memiliki sikap empati kepada si pengadu. “Dengan demikian, kita dapat memposisikan diri sebagai customer, sehingga setidaknya kita dapat menangkap apa yang sebenarnya diinginkan oleh mereka” tutup Hendri. Kegiatan ini diikuti berjalan selama kurang lebih 120 menit, dan diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN di lingkungan Puslatbang KDOD. (ler/ler)
#kawanlan #lanuntuknegeri #makartibhaktinagari #puslatbangkdod #asnunggul #asnberakhlak #banggamelayanibangsa

Skip to content