Menu Close

Perkuat Pemahaman RB Pada Pegawai, Sekretariat Utama Gelar “Employee Engagement RB Day Settama”

Jakarta – Apabila pelaksanaan reformasi birokrasi yang dilakukan secara konsisten, aparatur sipil negara (ASN) akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi stakeholder LAN. Oleh karena itu setiap pegawai perlu pemahaman mendalam tentang program kerja dan kegiatan Reformasi Birokrasi yang ditransformasikan dalam etos kerja sehari-hari. Hal ini diungkapkan Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara saat memberikan arahan dalam acara Employee Engagement RB Day Settama yang diselenggarakan di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN Veteran, Jumat (11/3).

Reni Suzana menekankan 5 (lima) program prioritas Pemerintahan Joko Widodo antara lain pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, reformasi regulasi, dan transformasi ekonomi, khusus Reformasi Birokrasi merupakan landasan dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas.

“Untuk di Reformasi Birokrasi di LAN memiliki tujuan yaitu mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih sedangkan sasarannya dibagi menjadi 3 (tiga) bagian bagian yaitu Birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel, dan pelayan publik yang prima” tambahnya

Ia menyampaikan, tujuan dan sasaran RB LAN tersebut kemudian diejawantahkan melalui berbagai program di lingkup Sekretariat Utama, antara lain dari sisi penguatan teknologi meliputi penyediaan open data, pengembangan intranet, pengembangan pengelolaan berbasis elektronik, dan optimalisasi pengelolaan pengaduan .

“Sedangkan dari sisi penguatan penguatan kapasitas SDM, Reni menjelaskan, pengembangan kompetensi terintegrasi, settama coaching clinic, settama sharing session, dan work life balance dan terakhir dari sisi penguatan kapasitas organisasi yang meliputi penguatan branding LAN, RB Day, penguatan kualitas kebijakan LAN, penguatan zona integritas, penguatan AKIP, digitalisasi dokumen organisasi dan tata laksana.  Pengelolaan arsip serta penguatan penerapan manajemen risiko” jelasnya

Kegiatan ini dikemas dengan menarik yang diawali dengan senam dan sarapan bersama seluruh Pejabat Tinggi Madya dan Pratama serta pegawai di lingkungan Sekretariat Utama. Edukasi program dan kegiatan RB Settama digulirkan melalui kuis dan permainan-permainan seru lainnya.

Reni berharap, kegiatan RB Day Settama dapat membekali pegawai di lingkungan sekretariat utama untuk dapat menginternalisasikan dalam kinerja di setiap unit, dan tentunya akan berdampak pada peningkatan kinerja organisasi dan peningkatan kualitas pelayanan LAN.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro SDM dan Umum, Yusuf Gunawan, SIP., ME., Kepala Pusdatin, Dr. Muhammad Firdaus, MBA, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Dra. Army Winarty, M.Si, dan Inspektur Hari Nugraha, SE, MPM. (humas)

Scroll Up Skip to content