Menu Close

Kolaborasi dan Networking Para Istri Peserta PKN I dalam Ladies Program PKN I Angkatan L

Jakarta – Istri memiliki peran penting dalam rangka menjadi pendamping serta mendukung peranan suami dalam tugas dan tanggung jawabnya, seperti kata pepatah dibalik suami keberhasilan suami terdapat istri yang hebat di belakangnya, oleh karena itu penting bagi istri untuk terus mengembangakan potensi yang ada di dalam dirinya. Hal ini diungkapkan Sekretaris Utama Lembaga administrasi Negara (LAN), Dra. Reni Suzana, MPPM saat membuka acara Ladies Program Istri Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I angkatan L, yang diselenggarakan secara Klasikal dan Virtual, Kamis (28/10).

Ladies Program merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP-LAN) yang bekerjasama dengan pengurus kelas PKN Tingkat I dan diikuti oleh istri-istri peserta PKN Tingkat I yang tengah mengikuti pelatihan kepemimpinan. Lebih lanjut Reni mengatakan, sebagai seorang istri tentu saja tidak hanya memiliki peran sebagai ibu dari anak-anak tetapi juga sebagai pendamping bagi para suami, oleh karena itu sudah sepatutnya seorang istri dapat memberikan support dan pendampingan bagi suami dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara.

“Kita mengetahui bahwa, semakin tinggi jabatan suami maka kita sebagai istri juga dituntut untuk mampu memimpin organisasi seperti organisasi Dharma Wanita atau Bhayangkari, maka kegiatan ladies program ini menjadi sangat penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan, membangun jiwa kepemimpinan serta mampu menjalin kolaborasi dan networking sesama istri alumni peserta PKN tingkat I angkatan L” tambahnya

Reni juga mengapresiasi kesigapan DWP LAN dalam menjalankan amanat Musyawarah Nasional Dharma Wanita Persatuan Pusat untuk menyelenggarakan Ladies Program. Seperti diketahui pada 2019 lalu bangsa ini tengah dilanda pandemi, namun DWP LAN mampu beradaptasi dengan tetap menyelenggarakan ladies program secara virtual, dan bersamaan dengan melandainya kasus Covid-19 DWP LAN dapat kembali melaksanakan secara blended.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua DWP LAN, Titin Resmiatin, SS, MAP mengatakan, komitmen DWP LAN untuk tetap menjalankan ladies program di tengah pandemi adalah berkat dukungan semua pihak termasuk pimpinan LAN untuk terus memberikan pendidikan tidak hanya kepada suami yang tengah menjalankan pelatihan tetapi juga menambah wawasan dan pengetahuan kepada istri sebagai pendampingnya.

Reni menambahkan, Pemerintah senantiasa dituntut untuk meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat, disinilah secara simultan peranan istri sebagai pendamping suami dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut, maka dibutuhkan upata meningkatkan wawasan, kecerdasan, serta kualitas diri sehingga mampu menjadi istri yang dapat beriringan dengan suami.

“Momentum ini juga menjadi sarana silaturahmi dan sharing knowledge sesame istri peserta PKN tingkat I angkatan L, harapannya dapat silaturahmi ini dapat terus berlanjut setelah para suami lulus dari pelatihan kepemimpinan nasional” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut hadir pimpinan Dharma Wanita Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang juga mengapresiasi kegiatan Ladies Program ini. Ia berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung di LAN dan menjadi sarana pengembangan diri bagi para istri pejabat negara sehingga mampu memberikan motivasi dan dukungan penuh untuk menjalankan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik.

Hadir sebagai narasumber Ceo Irwani Pane Institute, Dr. Irwani Pane M.I.Kom yang membahas pentingnya leadership skill untuk menunjang peran perempuan dalam organisasi.

Skip to content