Menu Close

Bekerjasama dengan LAN RI Kota Pekanbaru Berupaya Merawat dan Mengembangkan Inovasi Melalui Kegiatan Workshop Champion of Innovation (WCI)

Pekanbaru, 29 Oktober 2021, Sebagai salah satu bentuk kegiatan kerjasama antara LAN RI dan Pemerintah  kota Pekanbaru yang ditandatangani melalui MOU pada awal Maret 2021 adalah  kegiatan Workshop Champion of Innovation  yang dilaksanakan di Aula Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya pemko Pekanbaru pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2021. Kegiatan WCI ini diselenggarakan dengan tujuan menghasilkan para champion inovasi kota Pekanbaru yang akan mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru serta mengawal inovasi yang telah berjalan di pemerintah kota Pekanbaru. Pada kegiatan kali ini Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH., MA selaku Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara hadir memberikan dukungan kepada Kota Pekanbaru dalam melaksanakan WCI. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa : “Pelayanan publik di Kota Pekanbaru memang sudah cukup baik, mall pelayanan publiknya menjadi percontohan nasional, inovasi juga sangat baik berada di peringkat 5 IGA (Innovation Government Award), namun kita tidak boleh berhenti disatu puncak, kita harus terus melakukan perbaikan dan inovasi untuk selalu meningkatkan prestasi”. Oleh karena itu LAN mengapresiasi upaya pemerintah  kota Pekanbaru yang tidak pernah puas dengan apa yang telah dicapai dan tetap berusaha merawat dan terus mengembangkan inovasi demi peningkatan daya saing daerah. Hal ini dapat dijadikan contoh untuk daerah-daerah lainnya.

Sementara walikota Pekanbaru Dr. Firdaus ST, MT.  menyampaikan bahwa saat ini, Pemko Pekanbaru sedang mempersiapkan agen-agen perubahan. Agar, jajaran Pemko Pekanbaru senantiasa menjadi penggerak dalam pembangunan.  Inovasi merupakan sebuah gerakan.  “Inovasi bukan lagi pekerjaan perorangan. Inovasi merupakan sebuah gerakan yang harus didorong bersama-sama menjadi sebuah kekuatan. Oleh sebab itu, dua hari pelatihan yang dilakukan ini sangat bermakna untuk mempersiapkan perubahan-perubahan untuk berinovasi sehingga menjadi yang terbaik,”

Dalam kegiatan ini selain walikota juga turut hadir jajaran pimpinan pemko Pekanbaru, Asisten 3, Kepala Balitbang, para Kepala OPD dan Camat.  Pada saat bersamaan  ditandatangani komitmen bersama perangkat daerah untuk melakukan inovasi. Secara simbolik Kepala OPD yang menandatangani komitmen bersama itu adalah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),   Plt Sekretaris DPRD, dan Camat Senapelan.

Kegiatan workshop ini  pada hari pertama diawali dengan  penjelasan tentang peran champion  inovasi bagi pengembangan inovasi di Kota Pekanbaru dan penjelasan tentang strategi bagi champion inovasi dalam mendorong tumbuhnya inovasi oleh Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara Dra. Isti Heriani, M.BA. beserta tim Peneliti dan Analis Kebijakan LAN RI.

Skip to content