Menu Close

Peserta PKN Tingkat I Angkatan L Hasilkan 41 Gagasan Inovasi Pelayanan Publik

Pejompongan – Aparatur sipil negara (ASN) diharapkan dapat menjadi subjek birokrasi yang proaktif dalam mengembangkan kualitas diri dan berperan serta sebagai agen perubahan (agent of change) terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Maka ASN dituntut untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Hal ini diungkapkan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam pembukaan acara Web Expo Festival Inovasi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan L di Graha Makarti Bhakti Nagari, Rabu (27/10).

“Bukan jamannya lagi ASN pasif dan manja, ia harus memiliki sifat kemandirian, kreatifitas, serta mampu memecahkan permasalahan publik melalui inovasi-inovasi yang digagasnya, oleh karena itu ASN perlu menjiwai semangat inovasi di dalam dirinya” tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Web Expo Festival Inovasi ini merupakan salah satu upaya mendiseminasikan serta menyebarluaskan gagasan inovasi kepada khalayak luas, serta sarana pembuktian bahwa birokrasi tetap berjalan walaupun di tengah pandemi saat ini.

Adi menjelaskan Web Expo ini juga adalah rangkaian proses pembelajaran yang berbasis pada experiential learning yang dimulai sejak bulan Juni lalu, dan saat ini kita telah melihat secara bersama gagasan-gagasan inovasi yang telah dilahirkan oleh para pemimpin perubahan di setiap instansi pemerintah.

Harapannya inovasi yang telah digagas peserta PKN Tingkat I ini dapat senantiasa mengalir tidak hanya ketika diklat saja tetapi harus dapat mengelola inovasi tersebut secara berkelanjutan inovasi harus menjadi kultur dalam setiap ASN” tuturnya.

Dalam laporannya, Kepala Pusbangkom Pimnas MASN, Erfi Muthmainah, SS., MA menjelaskan Web Expo ini berisi penayangan video inovasi sektor publik yang digagas oleh 41 peserta PKN Tingkat I Angkatan L dan harapannya kegiatan ini dapat mengungkit organisasinya untuk melakukan inovasi secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan peresmian gerbang utama ASN Corporate University yang merupakan sumbangan dari Peserta PKN Tingkat I Angkatan L, peresmian ini dilakukan secara simbolis melalui pemotongan pita serta penandatanganan prasasti oleh Kepala LAN. 

Scroll Up