Menu Close

Kepala LAN : CPNS Pemerintah Kabupaten Raja Ampat Harus Siap Terapkan Core Value ASN “BerAKHLAK”

Raja Ampat – Dalam Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) akan dipelajari peran dan fungsi serta nilai-nilai dasar PNS, besar harapannya CPNS dapat memahami dan mengamalkan core value ASN yaitu “BerAKHLAK” dalam pelaksanaan tugas di instansi masing-masing. Hal tersebut disampaikan Dr. Adi Suryanto, M.Si, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada acara Pembukaan Latsar CPNS Golongan III dan II Formasi Penerimaan Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, di Gedung Pari, Raja Ampat, Senin (4/10). Pembukaan Latsar CPNS ini ditandai pula dengan pemukulan tifa dan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta yang mewakili 473 peserta Latsar CPNS golongan II dan III.

Dalam kesempatan itu, Adi Suryanto menyampaikan “Saudara juga perlu untuk membangun relasi, bersinergi, dan bekerjasama (whole of government) untuk membangun bangsa karena ditengah pandemi ini yang butuhkan adalah kerjasama, solidaritas dan gotong royong dalam penanganan pandemi covid-19.”

Kepala LAN menyampaikan pula bahwa, Presiden telah menetapkan satu core values bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) yang menjadi fondasi perubahan budaya kerja ASN berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dalam rangka mencapai visi dan misi pemerintah. “Untuk itu, kita juga harus terus menerapkan core values BerAKHLAK dalam pelaksanaan Latsar CPNS kali ini dan juga saat melaksanakan tugas di instansi masing-masing nantinya” tegasnya.

Terakhir, Adi Suryanto berpesan kepada peserta Latsar CPNS untuk selalu semangat dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensi. “Banyak metode dan media yang dapat diikuti untuk mengembangkan kompetensi individu, yang pada akhirnya tidak hanya bermanfaat untuk pengembangan diri, melainkan bermanfaat juga dalam pengembangan dan peningkatan kinerja organisasi” tutup Kepala LAN.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Raja Ampat, Kepala BKPSDM Provinsi Papua Barat, Kepala Puslatbang KMP LAN, Kepala BKPSDM Kabupaten Raja Ampat, Dandim 1805 Raja Ampat, Wakapolres Raja Ampat, Kepala Distrik, Lurah, para pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan pemerintah Kabupaten Raja Ampat, widyaiswara, dan penyelenggara Latsar CPNS.

Scroll Up