Menu Close

Diseminasikan Inovasi di tengah Pandemi, LAN Kembali Selenggarakan Web Expo Festival Inovasi PKN Tingkat I Angkatan XLIX

Jakarta – Pandemi Covid-19 merupakan ujian sekaligus peluang bagi aparatur sipil negara (ASN) khususnya pemimpin birokrasi untuk menciptakan terobosan dan inovasi baru dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada publik. Hal tersebut diungkapkan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si saat membuka Web Expo Festival Inovasi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLIX Tahun 2021 di ASN Corporate University, LAN Pejompongan, Rabu (1/9).

“Kita mengetahui bahwa reformasi birokrasi telah berjalan sedemikian lama, namun hasilnya tidak sepadan  dengan waktu dan anggaran yang telah dikeluarkan, maka Web Expo ini menjadi salah satu jawaban untuk menggerakkan birokrasi yang lebih inovatif dan adaptif terhadap segala perubahan dalam birorasi. Kuncinya adalah dengan menciptakan pemimpin-pemimpin perubahan di sektor publik, maka peserta PKN tingkat I yang saat ini berada di level tertinggi dalam birokrasi dapat menjadi inspirator, motivator sekaligus penggerak inovasi di sektor publik ” tegasnya

Adi Suryanto juga menyampaikan, web expo ini merupakan unjuk produk terkait gagasan ide perubahan dan inovasi yang dimiliki peserta PKN Tingkat I angkatan XLIX. Diharapkan gagasan tersebut dapat dibagikan ke khalayak publik, sehingga menjadi inspirasi bagi ASN seluruh Indonesia. Karena hakekat inovasi tidak hanya sekedar menciptakan terobosan baru tetapi juga mengajak orang lain untuk ikut melakukan inovasi tersebut.

“Kami juga berharap, inovasi yang telah dihasilkan dalam proyek perubahan PKN tingkat I angkatan XLIX tidak sampai disini saja, tetapi akan terus dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan, bahkan dapat dikembangkan dengan inovasi baru seiring dengan dinamika perubahan dalam birokrasi.” tutupnya.

Senada dengan hal tersebut, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN, Dr. Basseng, M.Ed mengatakan, web expo ini diharapkan dapat diperoleh diperoleh feedback untuk menjamin keberlanjutan (sustainability), sehingga dapat diperoleh kemanfaatan serta dampak proyek perubahan yang telah diimplementasikan di masa yang akan datang.

“Adapun tujuan penyelenggaraan web expo ini adalah sebagai sarana sharing pengalaman, diseminasi dan promosi proyek perubahan peserta PKN Tingkat I kepada seluruh stakeholdersnya terkait dengan proyek perubahan yang telah digagasnya selain itu untuk membangun budaya berbagi inovasi bagi seluruh ASN di negeri ini” jelasnya.

Basseng mengapresiasi seluruh peserta atas dedikasinya dalam mempersiapkan kegiatan web expo festival inovasi PKN Tingkat I angkatan XLIX, ia berharap kegiatan ini dapat memicu dalam mempromosikan inovasi-inovasi kedepan di instansi masing-masing.

Acara ini menayangkan 38 video proyek perubahan hasil inovasi peserta PKN Tingkat I angkatan XLIX yang dilaksanakan secara blended dengan menerapkan protokol secara ketat.

Skip to content