Menu Close

Jalin Networking para istri peserta PKN Tingkat I, DWP LAN selenggarakan Ladies Program

Jakarta – Sebagai upaya dalam membangun menjalin silaturahmi serta membangun networking istri-istri peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I angkatan XLIX, Dharma Wanita Persatuan Lembaga administrasi Negara (DWP LAN) bekerjasama dengan pengurus kelas menyelenggarakan kegiatan Ladies Program secara virtual, Selasa (31/8).

Dalam kesempatan tersebut, ketua DWP LAN, Titin Resmiatin Adi Suryanto mengatakan pentingnya seorang istri dalam mendukung keberhasilan suami. Selalu ada wanita hebat dibalik kesuksesan pria, ibu-ibu sekalian merupakan wanita-wanita hebat yang berperan secara positif dalam membantu suami menjalankan tugas negara.

Lebih lanjut ia menjelaskan latar belakang kegiatan ladies program ini merupakan amanat Musyawarah Nasional Dharma Wanita Persatuan Pusat pada tahun 2014 dimana LAN diminta untuk menyelenggarakan kegiatan Ladies Program untuk para istri peserta Diklapim I yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan para istri pejabat.

“Ini merupakan sebuah momen penting bagi kita sebagai perempuan sekaligus istri untuk dapat berkiprah dalam masyarakat khususnya organisasi dimana suami ibu pimpin” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dharma Wanita Persatuan Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menyampaikan kegiatan ladies program ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi istri pejabat untuk menguatkan perannya sebagai pendamping dan penolong suaminya yang tengah berkarya bagi negeri. Pandemi ini membuat para suami sebagai pengambil kebijakan dalam organisasinya mengalami dinamika dan diharuskan mengambil kebijakan di luar kebiasaan. Di masa pandemi ini tantangan seorang pejabat sekaligus pengambil keputusan strategis memiliki berbagai dinamika yang sulit, maka peran istri sangat penting dalam mendukung suami dan memberi motivasi untuk berjuang melewati masa ini.

“Dimasa sekarang inilah peran kepemimpinan sang istri menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan dan tugas-tugas suami. Sebagai istri perlu mengimbangi seorang suami sebagai pimpinan organisasi sehingga dapat berjalan beriringan dengan suami dalam bentuk dukungan moril dan motivasi dalam mengemban kewajibannya sebagai pejabat negara.” tambahnya.

Sejalan dengan hal itu, Sekretaris Utama LAN, Dra Reni Suzana, MPPM yang mewakili Kepala LAN mengatakan, Ladies Program ini merupakan sebuah kegiatan untuk mengembangkan diri bagi para istri pejabat untuk berkolaborasi bersama suami dalam mendorong peran strategisnya sebagai pimpinan organisasi.

Reni juga mengapresiasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh DWP LAN terutama di masa pandemi saat ini, salah satunya melalui kegiatan bhakti sosial kepada masyarakat terdampak pandemi, tak hanya itu saja pada awal tahun ini juga, DWP LAN menyelenggarakan kegiatan webinar pengelolaan sampah yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan LAN.

“Saya juga mengingatkan kepada kita semua untuk selalu mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah terutama di masa pandemi saat ini, banyak sekali berita-berita hoaks yang beredar, dan kita jangan menjadi bagian dari mereka, saring dahulu sebelum sharing,” ungkapnya

Hadir sebagai narasumber dalam Ladies Program ini, Dr. Dra. Irwani Pane, S.Psi., M.Ikom., LCPC yang memaparkan terkait pentingnya leadership skill untuk menunjang peran perempuan dalam organisasi. Ia menjelaskan, seorang perempuan harus memiliki sikap asertif yaitu penuh percaya diri serta memiliki keyakinan yang kuat dalam segala tindakannya, ia juga harus mampu menyatakan perasaan dan pendapatnya tanpa menyakiti perasaan orang lain.

“Setidaknya terdapat lima leadership skill yang perlu dimiliki seorang perempuan antara lain : kemampuan mengembangkan organisasi secara efektif, memiliki visi dan strategi, mampu mengendalikan emosinya, memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik serta kreatif dan inovatif. Kelima hal tersebut diharapkan dapat menjadi bekal ibu-ibu sekalian dalam rangka mendukung peran strategis suami sebagai aparatur negara,” tutupnya. (humas)

Scroll Up