Menu Close

STIA LAN Jakarta Gelar Kuliah Umum, Tekankan Pentingnya Integritas di Lingkungan Kampus

Jakarta – Permasalahan integritas di lingkungan akademik menjadi permasalahan yang tak pernah ada habisnya, kasus-kasus kecurangan akademik seperti ijazah palsu, cheating dan plagiarisme serta kebohongan yang sistemik menciderai nilai-nilai integritas itu sendiri. Maka pembangunan karakter manusia yang berintegritas menjadi sangat penting ditanamkan di dunia akademik disamping meningkatkan pengetahuan dan keahlian.

Hal ini diungkapkan, Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA ketika memberikan sambutan mewakili Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam kegiatan Kuliah Umum yang mengangkat tema “Membangun SDM Unggul di era VUCA (Volatility, Uncertainly, Complexity, Ambiguity)”, Rabu (25/8). Lebih lanjut ia menambahkan bahwa pendidikan tidak hanya mendidik manusia menjadi cerdas dan pandai tetap lebih dari itu semua, manusia itu harus memiliki karakter dan keadaban, setidaknya terdapat tiga hal yang mutlak dimiliki dalam membangun SDM unggul adalah etos kerja, semangat gotong royong serta memiliki integritas yang kuat.

“Jadi karakter yang paling utama yang mutlak dimiliki oleh setiap kita termasuk ASN adalah Integritas” , tegasnya.

Hal senada dijelaskan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Prof. Dr. R. Agus Sartono, MBA, prioritas utama dalam membangun SDM unggul dimulai dari sistem pendidikan yang baik dan bermutu yang mengajarkan ilmu pengetahuan, skill dan perilaku.

“Dan yang tak kalah penting ialah penguatan peran agama dalam kehidupan sosial bermasyarakat sebagai landasan dalam rangka memperkokoh jati diri dan kepribadian bangsa (character building),” tandasnya.

Ia juga menambahkan bahwa pembangunan SDM merupakan suatu kegiatan yang berkelanjutan dimulai dari sejak usia kelahiran, usia produktif sampai dengan lanjut usia, pemerintah telah mempersiapkan regulasi terkait pengembangan SDM unggul dengan berkoordinasi oleh mitra terkait.

“Mewujudkan SDM unggul merupakan tugas bersama, oleh karena itu diperlukan sinergi seluruh pemangku kepentingan untuk menciptakan kebijakan dan langkah strategis yang komprehensif guna menciptakan Indonesia yang memiliki karakter serta berdaya saing tinggi” harapnya

Kuliah umum ini dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa terapan di lingkungan Politeknik STIA LAN Jakarta mulai dari jenjang sarjana hingga doktor terapan.

Skip to content