Menu Close

Bangun Komitmen Pembangunan Kapasitas SDM Aparatur, LAN Teken MoU dengan ANRI

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus berupaya untuk mendorong peningkatan kapasitas sumber daya aparatur menuju Birokrasi berkelas Dunia (World Class Bureaucracy), eksistensi tersebut dibuktikan dengan terus berkolaborasi dengan berbagai instansi termasuk Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Hal ini diungkapkan Kepala LAN yang diwakili oleh Sekretaris Utama, Dra. Reni Suzana, MPPM saat memberikan sambutan seusai penandatanganan Nota Kesepahaman antara LAN dan ANRI pada Pekan Memori Kolektif Bangsa, yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (24/8).

Dalam kesempatan itu, Reni Suzana mengungkapkan apresiasinya kepada ANRI yang telah membangun komitmen bersama dengan LAN untuk berkolaborasi dan bekerjasama dalam rangka pelaksanaan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur di bidang kearsipan, kajian kebijakan, inovasi, pelatihan dan pendidikan tinggi terapan.

“Kami percaya pelaksanaan kegiatan yang kolaboratif dan saling support antar instansi pemerintah ini dapat meningkatkan sinergitas melalui pemanfaatan keunggulan yang dimiliki, pada masing-masing instansi, hal ini juga dapat mengikis silo mentality yang seringkali terjadi pada birokrasi pemerintahan” ungkapnya.

Sekretaris Utama LAN juga mengatakan, dengan terbitnya UU ASN, memperkuat kewenangan, tugas dan fungsi LAN dalam bidang kajian kebijakan, inovasi administrasi negara dan manajemen ASN, penyelenggaraan pelatihan dan pengembangan kompetensi serta pendidikan tinggi terapan.

“Oleh karena itu kami membuka peluang kepada ANRI untuk dapat memanfaatkan seluas-luasnya segala potensi yang ada pada LAN,dan kami berharap melalui nota kesepahaman ini dapat saling mendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing” ungkapnya

Dalam kesempatan itu juga, Kepala ANRI, Drs. Imam Gunarto, M.Hum mengatakan apresiasinya kepada LAN yang telah berkomitmen secara bersama-sama untuk mendukung peran strategis ANRI dalam mengelola memori kolektif bangsa.

“Walau dilakukan penandatanganan ini dilakukan secara virtual, namun hal tersebut tidak mengurangi tekad kita untuk saling berkolaborasi dalam meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka pengelolaan kearsipan maupun tugas-tugas untuk pembangunan bangsa”, harapnya.

Kegiatan penandatanganan ini merupakan salah satu agenda kegiatan dalam Pekan Memori Kolektif Bangsa yang diselenggarakan secara virtual oleh ANRI dengan menghadirkan insan kearsipan dari seluruh Indonesia.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati, menyampaikan bahwa Nota Kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen antara LAN dan ANRI untuk bersama-sama mewujudkan tata kelola kearsipan yang baik serta membangun kapasitas kelembagaan dan SDM aparatur. “Selanjutnya, Nota Kesepahaman ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama sebagai dasar operasional pelaksanaan kegiatan antara LAN dan ANRI,” tutupnya. (humas)

Scroll Up