Menu Close

“ASN Berahlak, Bangga Melayani Bangsa” Nilai Dasar Baru Bagi ASN RI

Jatinangor – Presiden RI, Bapak Joko Widodo baru saja meluncurkan nilai dasar/Core Values ASN yaitu ‘BerAKHLAK’ dan Employer Branding nya ‘Bangga Melayani Bangsa’. Peluncuran nilai dasar ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah. BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara Dr. Agus Sudrajat,S.Sos.,MA yang meneruskan pidato dari Presiden RI pada upacara pembukaan peserta Pelatihan Dasar CPNS golongan III angkatan VI yang digelar Puslatbang PKASN, secara daring, Kamis (30/7).

“ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu. Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi. Setiap ASN harus mempunyai jiwa untuk melayani, untuk membantu masyarakat.” tegasnya.

Didepan 40 peserta Latsar CPNS kerjasama Pemerintah Kota Tegal dengan Puslatbang PKASN tersebut Agus juga memberikan pesan bahwa Latihan Dasar CPNS ini adalah dasar bagi peserta untuk dapat memahami nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi (ANEKA) yang kemudian harus di internalisasi pada seluruh aspek kehidupan bukan terbatas pada pelaksanaan tugas sebagai ASN saja tetapi menjadi nilai yang dibawa oleh setiap individu aparatur negara. Menjadikan ASN yang BerAKHLAK. (Humas)

Scroll Up