Menu Close

Dorong Lahirnya Talenta Potensial, Pusbangkom TSK ASN Selenggarakan Pelatihan Manajemen Talenta Angkatan III Tahun 2021

Jakarta – Pusbangkom TSK ASN telah menyelenggarakan pelatihan Manajemen Talenta Angkatan III tahun 2021 pada tanggal 13 s.d 23 Juli 2021 secara distance learning. Pelatihan Manajemen Talenta merupakan pelatihan yang bertujuan untuk membekali peserta agar mampu menjelaskan kebijakan manajemen talenta, menjelaskan pemetaan kompetensi, menjelaskan peta kinerja, menyusun peta talenta Sumber Daya Manusia (SDM) instansi serta Menyusun Rencana Aksi Manajemen Talenta.

Pelatihan Manajemen Talenta Angkatan III ini diikuti oleh 32 peserta dan dilakukan dengan memadukan synchronous dan asynchronous. Pada awal pelatihan peserta akan melakukan pembelajaran secara asynchronous dengan mempelajari bahan ajar yang tersedia di Learning Management System (LMS) ASN Unggul. Pada sesi asynchronous ini seluruh peserta ditugaskan untuk mereviu tiga modul dalam pelatihan manajemen talenta, hal ini ditujukan agar peserta mendapatkan pemahaman terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kelas pembelajaran synchronous.

Pembelajaran sesi synchronous mulai dilaksanakan mulai tanggal 19 Juli 2021 yang diawali dengan pembukaan pelatihan dan dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan oleh Basseng selaku Deputi Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi ASN melalui Video Conference Zoom. Pada sesi peserta diberikan gambaran besar (big picture) mengenai pengembangan kompetensi, kebjakan manajemen talenta di Indonesia serta infrastruktur yang menjadi prasyarat dalam pelaksanaan manajemen talenta di Indonesia.

Materi inti yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain Konsep dan Kebijakan Manajemen Talenta SDM di Indoesia yang disampaikan oleh Asisten Deputi Manajemen Karier dan Talenta SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Aba Subagja dan Kepala Pusdiklat Pengembangan SDM Kementerian Keuangan, Wahyu Kusuma Romadhoni. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman Pemetaan Kompetensi melalui ceramah yang disampaikan oleh BKD Kabupaten Sidoarjo, Zainul Arifin Umar.

Seluruh materi yang diberikan pada pelatihan ini diampu oleh para fasilitator handal yang ahli dibidangnya dan terdiri dari Widyaiswara (WI), Analis Kebijakan, Peneliti yang ada di Lembaga Administrasi Negara. Setelah seluruh materi pembelajaran diberikan dan dilakukan pembimbingan penyusunan rencana aksi, seluruh peserta berhasil menyusun Rencana Aksi Manajemen Talenta.

Di hari terakhir pelatihan, setiap peserta mempresentasikan Rencana Aksi Manajemen Talenta di depan para evaluator yang kemudian diberikan feedback untuk perbaikan secara lebih mendalam. Setelah seluruh rangkaian kegiatan pelatihan selesai dilaksanakan, penutupan pelatihan dilakukan oleh Caca Syahroni selaku Kepala Pusbangkom TSK ASN. Pada kesempatan itu, Caca memberikan arahan agar seluruh alumni peserta pelatihan Manajemen Talenta Angkatan III tahun 2021 untuk melanjutkan rencana aksinya agar tercipta manajemen talenta secara massif di instansi Bapak Ibu Peserta. (rv)

Scroll Up