Menu Close

Ajak Seluruh Pegawai Tetap Tenang di Masa Pandemi, LAN Selenggarakan Webinar Mindfulness

Jakarta – Pandemi COVID-19 berdampak terhadap kehidupan masyarakat tak hanya di sektor ekonomi tetapi sosial dan budaya, kondisi ini diperparah dengan dengan masuknya varian epidemi baru yang memaksa pemerintah untuk kembali menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Darurat. Menyikapi hal tersebut,  Lembaga Administrasi Negara (LAN) berupaya untuk terus menghimbau untuk menerapkan protokol kesehatan serta menumbuhkan pikiran positif terhadap pegawainya. Hal ini diungkapkan Kepala Biro SDM dan Umum, yang juga merupakan Ketua Satuan Tugas Covid-19 LAN, M. Yusuf Gunawan Idris, S.IP., ME ketika membuka kegiatan Webinar Mindfulness yang mengangkat tema “Tetap Tenang di Masa Bergelombang”, Jumat (16/7).

“Menjaga kesehatan dimulai dari pikiran kemudian aktivitas fisik serta asupan makanan yang bergizi, hal ini perlu dilakukan oleh setiap pegawai, hal ini untuk menjaga imunitas tubuh kita agar terhindar dari virus, tak cukup sampai disitu, saya terus mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Aktivitas 5M harus terus kita lakukan, jangan lupa untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, sekali lagi saya menekankan bahwa di masa PPKM darurat ini, jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak untuk tidak keluar rumah” tegas Yusuf Gunawan.

Terakhir, Yusuf Gunawan mengajak seluruh pegawai LAN untuk taat mengikuti peraturan pemerintah, agar kasus terkonfirmasi positif Covid semakin menurun, dan kita dapat kembali melakukan aktivitas secara normal.

Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai coach dan konselor, Syafrudin Irfan atau akrab di sapa “Kang Ojie” memaparkan langkah untuk tetap bersemangat dan survive menghadapi kondisi saat ini yaitu antara lain meningkatkan kesadaran serta menerima dengan ikhlas terhadap situasi saat ini. Selain itu tetap tenang namun tetap menjaga diri kita dari berbagai hal yang berdampak buruk bagi kita.

“Masalah malah akan bermunculan jika kita menolak kenyataan dalam diri kita, justru kita harus mampu mengelola pikiran kita dan mengubah pikiran-pikiran negatif yang membuat ketakutan dan kecemasan menjadi pikiran yang positif sehingga hal tersebut dapat menambah imunitas kita” imbuhnya.

Kang Ojie juga mengatakan, beberapa kiat untuk mengelola pikiran kita tetap positif, pertama, memilih pikiran kita hanya kepada hal-hal yang membuat kita bahagia, bebaskan pikiran kita dari segala hal yang membelenggu dan menyesatkan, kedua, meningkatkan keimanan dengan selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta, ketiga, buat hati kita untuk tetap bersih, keempat, penuhi diri kita dengan sikap bersyukur dan ikhlas dan terakhir terus lakukan hal-hal positif dalam kehidupan kita.

“Saya berharap, melalui webinar mindfulness ini dapat memperkuat imunitas kita dengan selalu berpikir dan bertindak secara positif, tetap berkinerja sebagai pelayan masyarakat dan terus ikuti peraturan pemerintah sebagai upaya dukungan kita untuk melepaskan diri dari pandemi Covid-19 ini, kita semua berharap pandemi ini cepat berakhir dan dapat kembali beraktifitas secara normal, tutupnya.

Scroll Up