Menu Close

Selenggarakan Web Expo Festivasl Inovasi PKN Tingkat I Angkatan XLVIII Tahun 2021, LAN Tetap Exist di Tengah Pandemi

Jakarta – Walau pandemi mendera, semangat berinovasi selalu menyala untuk negeri, Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan Web Expo Festival Inovasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional  (PKN) Tingkat I Angkatan XLVIII Tahun 2021, yang disiarkan melalui kanal YouTube Puspimnas ASN. Kamis (15/7). Penyelenggaraan selebrasi yang dibalut dalam gelaran Web Expo ini dilaksanakan secara penuh dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed. menyampaikan, selama kurang lebih 4 (empat) bulan lamanya, peserta PKN Tingkat I Angkatan XLVIII ini telah mengikuti pembelajaran, baik secara klasikal maupun virtual. Dan juga telah mengimplementasikan proyek perubahan yang dicanangkan di jangka pendeknya. 

“Festival Inovasi yang akan kita laksanakan hari ini merupakan bagian dari pembelajaran PKN Tingkat I, khususnya dalam diseminasi proyek perubahan yang telah diimplementasikan. Kegiatan hari ini adalah selebrasi yang gaungnya harus diperdengarkan ke seluruh penjuru negeri,“ ujar Basseng.

Lebih jauh, Basseng memaparkan bahwa Festival Inovasi yang dilaksanakan melalui YouTube secara live streaming merupakan salah satu dari sekian banyak cara untuk mempromosikan inovasi yang telah dirancang dan diimplementasikan oleh peserta. Meski dilaksanakan secara daring, diharapkan kegiatan ini tidak mengurangi nilai kolaboratif sebagai salah satu tujuan pelatihan.

“Diharapkan peserta dan seluruh hadirin yang menyaksikan Festival Inovasi ini akan mengubah mindset untuk tidak segan melakukan perubahan dan berinovasi. Ke depan sebagai ASN, kita diharapkan semangat berinovasi untuk kepentingan publik dalam mencapai cita-cita bangsa. Dan tak kalah pentingnya adalah semangat dan bangga pada produk sendiri dan di saat yang sama tak cepat puas dengan hasil/capaian sekarang. Saya mengucapkan terima kasih atas usaha dan persiapan yang dilakukan oleh peserta secara sungguh-sungguh, kolaboratif dan inovatif untuk menjadikan kegiatan ini menjadi ajang pembelajaran bersama. Semoga usaha hebat ini mendapat manfaat dan pahala yang besar bagi kita semua.” tutup Basseng.

Acara yang berlangsung menampilkan 35 video inovasi proyek perubahan, yang berasal dari 35 instansi, baik dari Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), dan Pemerintah Daerah, disaksikan oleh ratusan viewers serta memberikan efek gegap gempita selama festival berlangsung dengan banyaknya likes serta dukungan komentar dari ratusan supporter masing-masing peserta.

Hal tersebut berhungan dengan salah satu kriteria penilaian bagi peserta seperti yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial Aparatur Sipil Negara, Erfi Muthmainah, S.S., M.A. dalam laporannnya.

“Dalam penyelenggaraan Festival Inovasi ini, kami telah bekerja sama dengan Deputi Bidang Kajian dan Kebijakan Inovasi Administrasi Negara untuk memberikan penilaian terhadap video inovasi yang ditampilkan. Adapun kriteria penilaiannya adalah: Kualitas video meliputi kejernihan suara, ketajaman gambar, dan variasi animasi; Kualitas konten meliputi kejelasan informasi dan pesan yang akan disampaikan; Korelasi dengan proyek perubahan peserta; dan Jumlah tanda suka (likes) dari video yang telah ditayangkan di akun YouTube masing-masing peserta. Dari penilaian tersebut, akan dipilih lima video terbaik yang akan menerima penghargaan dari Kepala LAN pada saat Upacara Pelepasan nanti.” tutur Erfi di hadapan seluruh peserta dan para pendukungnya.

Selain Deputi, Kepala Pusat, dan para peserta, para pendukung, hadir pula menyaksikan secara daring, para coaches dan masing-masing mentor proyek perubahan yang aktif memberikan komentar positif terkait acara. Dan untuk memeriahkan acara, Penyelenggara menyiapkan berbagai hadiah menarik melalui kuis terkait proyek perubahan yang dibuat. 

Scroll Up