Menu Close

Puslatbang KDOD Lakukan Visitasi Manajemen Perubahan ke Bank Indonesia

Samarinda – Guna memperkuat pemahaman serta menginspirasi para agen perubahan, Puslatbang KDOD melakukan visitasi manajemen perubahan ke Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur, Jum’at (30/4). Tim Puslatbang KDOD yang merupakan para koordinator area perubahan serta unsur pimpinan disambut dengan hangat oleh Tutuk S.H. Cahyono selaku kepala perwakilan BI Kaltim beserta Change Agent Coordinator. Dalam kesempatan ini Tutuk menjelaskan terkait manajemen perubahan dan budaya kerja organisasi yang terjadi di Bank Indonesia yang dilandasi pada perubahan lingkungan strategis baik global, domestik, dan internal sehingga Bank Indonesia menyelaraskan ulang visi, misi, program strategis, fungsi, dan organisasinya.

Akibat perubahan tersebut terjadi proses transformasi kebijakan, transformasi organisasi, dan transformasi SDM dan budaya kerja yang kemudian mengarah pada terbentuknya 4 program strategis BI yakni BI Religi, BI Prestasi, BI Inovasi, dan BI Digital. Berbagai kegiatan dalam program tersebut diurai lengkap Rony Ferdiansya, Aswin Gantina, Ramito, dan Ramadhani selaku Change Agent Coordinator (CAC) diantaranya, pada pilar BI Prestasi terdapat Routine Creative Reporting, Spot.fyi, Collab.house, dan eduvit; pilar BI inovasi terdapat #SIBISA (sistem inovasi Berbagai Informasi Seluruh Aspek; Pilar BI Digital terdapat Reminder Talk dan Digital Employee Award; serta Pilar BI Religi seperti Ciqur (Cinta Quran) serta Wakuncar (Waqaf Waktu dan Ajar).

Kepala Puslatbang KDOD, Mariman Darto, dalam visitasi tersebut menyatakan apresiasi terhadap manajemen perubahan yang dilakukan oleh BI. Menurut Mariman BI telah menerapkan manajemen perubahan yang sistematis, dan merupakan motor penggerak percepatan reform yang dilakukan, sehingga hal ini patut direplikasi oleh organisasi lainnya. (ra/ra)

Scroll Up