Menu Close

Lewat Labinov, LAN Dorong ASN Kabupaten Lombok Utara Tingkatkan Kinerja

Lombok – Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus berupaya untuk mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengakselerasi inovasi untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam proses penyelenggaran pemerintahan. Melalui Laboratorium Inovasi (Labinov), LAN sekaligus mengelola potensi yang dimiliki pemda agar dapat dikembangkan, dengan cara yang baru dan keluar dari perangkap “business as usual”. Hal ini diungkapkan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si pada Pembukaan Laboratorium Inovasi di Kabupaten Lombok Utara, Rabu (28/4).

“Kabupaten Lombok Utara tergolong daerah yang relatif muda secara usia namun hal tersebut menjadi sebuah kesempatan untuk melakukan banyak lompatan dengan inovasi agar dapat menunjukkan bahwa “yang muda yang bersinar”. Disadari bahwa untuk membuat lompatan besar melalui berbagai inovasi tentunya perlu didukung dengan sumber daya aparatur yang handal dan berkinerja tinggi,” katanya.

Adi Suryanto melanjutkan melalui pelaksanaan Labinov di Kabupaten Lombok Utara, diharapkan dapat menghasilkan inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, serta pemberdayaan masyarakat secara co creation. Co-creation merupakan inovasi yang akan dihasilkan secara bersama – sama, seluruh pimpinan dan pegawai lintas unit kerja dan diimplementasikan serta dipertanggungjawabkan secara bersama-sama pula. Hal ini bertujuan ketika inovatornya purna tugas atau di mutasikan, inovasi tersebut tetap berjalan.

“Inovasi harus tetap berlanjut sampai tujuannya tercapai, karena inovasi yang dihasilkan adalah milik bersama bukan unit atau perorangan, kunci keberhasilannya ialah dukungan pimpinan, kesiapan sumber daya manusia serta motivasi pegawai untuk melakukan inovasi,” tegasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu, SH mengapresiasikan upaya LAN dalam mendorong kabupaten Lombok Utara dengan mempercayakan daerahnya sebagai salah satu lokus Laboratorium Inovasi.

“Kita memasuki era kolaborasi dimana pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat saling mendorong dalam mendukung iklim pemerintahan yang kreatif dan inovatif” katanya

Ia mendukung penuh Laboratorium Inovasi yang dilakukan LAN, hal ini untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang lebih inovatif, sederhana, cepat dan mudah di akses oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Lombok Utara.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, Dra. Isti Heriani, MBA mengatakan, Labinov telah dimulai sejak 2015 dan telah berhasil memfasilitasi 100 pemda serta menghasilkan 10 ribu ide inovasi, dan pada tahun 2020-2024 mendatang LAN dipercaya untuk menyelenggarakan program prioritas nasional melalui Laboratorium Inovasi.

Hadir Dalam pembukaan Labinov ini, Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lombok Utara, Kepala Puskesmas serta seluruh pegawai di lingkungan Kabupaten Lombok Utara.

Scroll Up