Menu Close

Bangun Sinergitas Untuk Kemanfaatan Riset, Politeknik STIA LAN Jakarta dan Pusat Penelitian Politik LIPI Tandatangani Perjanjian Kerjasama.

Jakarta – Sebagai wujud kolaborasi antar instansi pemerintah dan perguruan tinggi serta menindaklanjuti hasil penandatangan MoU yang telah dilakukan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Politeknik STIA LAN Jakarta dengan Pusat Penelitian Politik LIPI menandatangani Perjanjian Kerjasama dalam rangka riset unggulan di bidang sosial politik. Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut diwakili oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin dan Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI, Prof. Dr. Firman Noor, MA di Kampus STIA LAN Jakarta pada Kamis (29/4).

Dalam sambutannya, Nurliah Nurdin mengungkapkan bahwa berangkat dari pengamalan tridharma perguruan tinggi, perjanjian kerja sama ini dilaksanakan dalam ruang lingkup penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan di bidang ilmu politik, pemerintahan, dan administrasi negara.

“Saya ingin mengangkat 3 hal dari tridharma perguruan tinggi, dari sisi pendidikan, riset dan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dari sisi pendidikan, kami tidak lagi hanya menghasilkan mahasiswa dengan tesisnya tetapi lebih aplikatif langsung ke model kebijakan,” jelasnya.

Nurliah Nurdin juga menambahkan bahwa LIPI sebagai think tank dalam ilmu sosial diharapkan juga nantinya dapat berkolaborasi dengan dosen-dosen kami dalam hal riset maupun memberikan sharing knowledge pada saat pembelajaran di STIA LAN dan program magang misalnya.

“Saya berharap kolaborasi ini dapat terus berjalan dengan baik dan langsung ditindaklanjuti melalui planning  dan rencana kerja yang lebih terstruktur dan matang,” tutupnya.

Senada dengan Nurliah Nurdin, Firman Noor juga menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi atau lembaga sebagai salah satu upaya untuk menjawab berbagai tantangan di masa depan. 

“Kami berkeyakinan bahwa kegiatan yang berkaitan dengan riset dan bagaimana pengaplikasiannya dan bagaimana output dan outcome-nya bagi masyarakat yang berkualitas tentu perlu adanya kolaborasi dengan instansi/lembaga lainnya,” jelasnya.

Firman juga mengemukakan bahwa hasil riset yang telah dilakukan oleh LIPI di masa yang akan datang diharapkan tidak hanya menghasilkan output berupa jurnal ilmiah namun dapat dirasakan pula oleh pemerintah dan masyarakat. 

“Dari hasil interaksi dengan masyarakat, di mana perguruan tinggi memiliki peran penting diharapkan nantinya akan mundul ide baru yang bisa didalami secara akademis. Selain itu, kami juga berharap bahwa perjanjian kerjasama yang dilakukan ini nantinya dapat berjalan lancar dan penuh berkah,” tutupnya. 

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati, S.T., S.H., M.Si., para Wakil Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta dan juga perwakilan dari Biro Kerjasama Hukum dan Humas LIPI. (humas)

Scroll Up