Menu Close

Puslatbang KDOD LAN Kembali Tutup Secara Resmi Latsar CPNS Angkatan XVII Tahun 2020

Samarinda – Lulus menjadi seorang PNS merupakan prestasi yang sangat membanggakan, tetapi jangan dilupakan janji penting untuk menerapkan nilai-nilai ANEKA (Akuntabel, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi) dimanapun. Nilai-nilai ANEKA harus menjadi pedoman hidup baik dalam melaksanakan tugas sebagai ASN maupun menjalani kehidupan sebagai seorang manusia pada umumnya. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD) Mariman Darto pada Pelepasan Peserta Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XVII secara virtual, Jumat (27/11).

“Akuntabel, harus menjadi pondasi dasar dalam hidup anda. Nasionalisme, merupakan bagian terpenting yang membuat anda tegak berdiri dengan bangga menjadi bagian dari bangsa dan negara Indonesia. Etika Publik, mengilhami kita untuk meletakkan pada self-conscious atau alam bawah sadar yang otomatis kita lakukan. Komitmen Mutu, mengajarkan anda untuk bekerja dengan tuntas, cerdas, dan ikhlas, menjadi ASN unggul, dimana seberat apapun pekerjaan tetap ada prioritas yang harus kita lakukan. Dan terakhir, Anti Korupsi, yang menjadi poin penting untuk tetap bertahan dan belajar dari apa yang telah dilakukan oleh pendahulu-pendahulu kita, dimana sikap korupsi merupakan perbuatan yang keji dan mungkar” tambah Mariman.

Menurut Mariman, penerapan nilai-nilai ANEKA tersebut juga menjadi sebuah bekal dalam menghadapi tiga tantangan penting, yaitu digital disruption, peoples and goverment engagement, dan juga responsiveness.

“Terakhir saya berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak menjadi anti kritik karena kritikan yang saudara dapatkan merupakan sebuah vitamin yang akan menjadikan saudara menjadi besar sehingga membawa perubahan pada organisasi.” tutup Mariman

Dalam kesempatan ini Mariman juga membacakan lima peserta terbaik dalam pelatihan ini yaitu:

1. Ir.Pandu Kusumoputro Utomo,S.T.,M.Sc

2. Ir. Nur Asriatul Kholifah,S.Ars.,M.Sc

3. Jonathan Irene Sartika Dewi Max,S.S.,M.Hum

4. Harry Setya Nugraha,S.H.,M.H

5. dr.Sirajul Munir, Sp.B

Skip to content