Menu Close

Sentuh Daerah Melalui Inovasi, LAN Dampingi Pemkab Seluma Launching 67 Ide Inovasi

Seluma – Kolaborasi dan kerjasama adalah kunci untuk membangun sinergi antara pemerintah Pusat dan Daerah. Demikian halnya kerjasama yang dibangun antara pemerintah Kabupaten Seluma dan Lembaga Administrasi Negara (LAN)dalam pelaksanaan laboratorium inovasi. Dengan kerjasama itu diharapkan seluruh inovasi yang dihasilkan dapat di kompilasikan dan publikasikan. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, LAN, Dr. Tri Widodo, MA, saat memberikan sambutan pada acara Launching Inovasi Kabupaten Seluma, Laboratorium Inovasi Program Prioritas Nasional 2020 dan Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Inovasi bertempat di Aula Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Rabu (4/11).

“Ibarat bandul, Kabupaten Seluma ini telah berayun dari Kawedanan kemudian menjadi Kabupaten sendiri. Ini tentunya berasal dari keinginan luhur masyarakatnya untuk memajukan daerahnya. Maka apa yang kita lakukan hari ini melalui inovasi yang kita bangun bersama, merupakan salah satu jawaban dan cita-cita luhur mengapa Kabupaten Seluma harus ada yaitu untuk memajukan baik daerahnya dan masyarakatnya”. Tambah Tri Widodo.

Lebih lanjut Tri Widodo mengatakan bahwasanya dalam melakukan inovasi kita juga harus mengenali polanya sebagai bekal dalam mengembangkan inovasi kedepannya. Berpikir terbalik atau inversion merupakan salah satu pola yang bisa digunakan untuk semua hal. Sebagai contoh kita melakukan pelayanan terhadap masyarakat dengan cara menyambutnya, jadi kita balik jangan sampai masyarakatnya yang datang, biarlah kita yang datang menyambut mereka. Pola selanjutnya adalah extension dengan menambah jam pelayanan tertentu pada akhir pekan.

“Inovasi bukan sekedar kegiatan, tapi inovasi sebuah legacy/warisan kebaikan kepada masyarakat dan generasi yang akan datang. Berinovasi bukan urusan kedinasan saja namun kebaikan yang menjadi amal ibadah kita bersama. Saya apresiasi inovasi yang dilakukan bapak/ibu semua. Sekali saya mengingatkan bahwa akhir kegiatan inovasi ini tidak dapat kita tentukan, yang artinya kita akan senantiasa terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah”, tutupnya.

Laboratorium inovasi merupakan salah satu tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara LAN dengan Kabupaten Seluma. Sebelumnya LAN melalui Pusat Inovasi Administrasi Negara (PIAN) telah melakukan pendampingan terhadap Pemerintah Kabupaten Seluma secara virtual yang dimulai sejak awal Bulan Juni 2020.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Seluma, Bapak H. Bundra Jaya, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan keseriusan dan komitmen untuk mendukung penuh program prioritas nasional ini yakni dengan melaksanakan ide-ide inovasi yang muncul di lingkup Pemerintah Kabupaten Seluma.

“Semoga ini menjadi langkah awal kita bersama untuk memajukan Kabupaten Seluma yang kita cintai. Kita harapkan semua ide inovasi yang telah kita launching dapat segera kita implementasikan dengan cepat dan sempurna”, ungkapnya.

Bupati Seluma juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada LAN atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik hingga mampu melahirkan sebanyak 67 ide-ide inovasi yang berasal dari 33 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Seluma.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, Dra. Isti Heriani, MBA, yang sekaligus menyampaikan laporan penyelenggaraan Laboratorium Inovasi Program Prioritas Nasional 2020 dengan tema “Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintah dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah”.

“Dari kegiatan yang sudah dilaksanakan secara bertahap di Kabupaten Seluma ini, kami menyampaikan apresiasi kepada Kepala Daerah Seluma beserta jajaran, terutama unit Balitbang yang telah bersemangat dan berkomitmen tinggi mengawal tahapan demi tahapan dari awal sampai saat ini yang telah memasuki tahap D4 (Delivery Inovasi) yang ditandai dengan launching inovasi”, ungkapnya.

Di tahun 2020 ini Kabupaten Seluma menjadi Kabupaten Ketiga setelah Kabupaten Manggarai dan Mamuju Tengah yang sebelumnya telah melakukan launching inovasi. Rencananya launching ide inovasi akan dilakukan di lokus berikutnya yaitu di Kabupaten Pandeglang pada pertengahan Bulan November ini. (Humas).

Skip to content