Menu Close

Lahirkan Agen-Agen Kearsipan Handal, LAN Selenggarakan Seleksi Arsiparis Teladan

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) sepanjang tahun 2019 lalu telah berhasil menorehkan berbagai capaian di bidang kearsipan. Diantaranya, Juara Harapan III dalam pengelolaan kearsipan tingkat Kementerian/Lembaga dan memperoleh penilaian dengan predikat AA (sangat baik) pada pengawasan kearsipan tahun 2019. Oleh karena itu, perlu diselenggarakan kegiatan untuk memberikan penghargaan kepada para pengelola kearsipan di lingkungan LAN yang selama ini telah teruji kinerjanya. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM dalam sambutannya saat membuka kegiatan Seleksi Arsiparis Teladan di lingkungan LAN melalui zoom meeting, Rabu (4/11).

Seleksi arsiparis teladan di lingkungan LAN ini diikuti oleh 5 orang peserta arsiparis dan pengelola arsip dari seluruh unit kerja, baik yang berada di Jakarta maupun unit kerja daerah.

Finalis arsiparis teladan LAN 2020 yang mengikuti seleksi tahap wawancara adalah Reni Suganti, A.Md (Arsiparis Terampil Puslatbang KHAN), Tanti Puspita Piana, A.Md (Arsiparis Mahir Puslatbang PKASN), Galuh Naris Wari, S.AP (Arsiparis Terampil Pusaka), Candra Imelda Dewi, SE (Arsiparis Ahli Pertama Puslatbang KDOD) dan Maimunah, S.AP (Arsiparis Ahli Muda Politeknik STIA LAN Jakarta).

“Setelah terpilih nanti, harapannya para arsiparis teladan ini akan menjadi duta-duta atau agen-agen di bidang kearsipan. Setelah menorehkan prestasi, nantinya bisa melakukan sharing pengetahuan, pembinaan dan pendampingan kepada kolega-kolega,” tambahnya.

Reni Suzana juga menyampaikan apresiasinya atas komitmen para pengelola kearsipan serta pimpinan di unit-unit kerja. Komitmen tersebut diperlukan dalam melakukan pembinaan, sehingga ada kemajuan dalam pengelolaan kearsipan di lingkungan unit kerja masing-masing.

“Sekali lagi, saya sampaikan terima kasih atas komitmennya. Kearsipan tanpa ada perhatian dari pimpinan juga tidak akan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Tahapan Seleksi Arsiparis Teladan itu sendiri telah dimulai sejak Juli 2020 yang terdiri dari tahap seleksi administrasi, tes tertulis dan tes wawancara. Seleksi tahap final (wawancara) yang dilaksanakan hari ini (3/11) dengan dewan juri terdiri dari Sekretaris Utama LAN, Tri Atmojo Sejati (Kepala Biro Hukum dan Humas) serta Al Zuhruf (Kordinator Arsip dan Dokumentasi). Arsiparis teladan yang terpilih adalah mereka yang memenuhi semua kriteria pengelolaan kearsipan yaitu menguasai pengetahuan umum kearsipan dan mampu membuat inovasi pengelolaan kearsipan.

“Oleh karena itu, para arsiparis juga akan digali pemahamannya mengenai isu strategis, misalnya mengenai pemindahan Ibu Kota Negara bagaimana nanti dampaknya terhadap arsip-arsip yang dimiliki,” tutup Reni Suzana (humas).

Skip to content