Menu Close

Buktikan Kesiapan Birokrasi Melayani Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19, LAN Gelar Web Expo Festival Inovasi

Jakarta – Dalam masa pandemi Covid-19, birokrasi dituntut untuk terus berkinerja melakukan pelayanan prima terhadap masyarakat. Untuk itu, beberapa langkah inovatif perlu dilakukan seorang pemimpin agar dapat beradaptasi menuju tatanan kenormalan baru (new normal). Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Penyelenggaraan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Basseng, M.Ed saat membuka Web Expo Festival Inovasi Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLIV LAN tahun 2020 di Auditorium Prof Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jln. Veteran, Jakarta, Senin (7/7).

“Disinilah pemimpin memiliki fungsi strategis untuk melakukan terobosan-terobosan baru, menemukan gagasan-gagasan baru yang inovatif serta mampu beradaptasi dengan lingkungan yang terus menerus berubah setiap saat” tambah Basseng.

Basseng juga menyampaikan, kegiatan Web Expo Festival Inovasi merupakan ajang pembuktian bagi peserta PKN I untuk menjadi pemimpin yang inovatif dan membawa perubahan nyata di sektor publik. Selain itu, kegiatan ini juga membuktikan bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini, ASN tetap berkinerja dan mampu menciptakan ide dan gagasan baru.

“Di tengah krisis saat ini, kita membutuhkan pemimpin sebagai agen perubahan yang membiasakan diri membawa kultur inovasi di instansinya masing-masing. Adanya kebiasaan untuk membangun pola pikir dan budaya kerja yang inovatif, hal itu setidaknya menjadi langkah awal bagi seluruh ASN untuk menggerakkan gerbong reformasi birokrasi yang saat ini terus bergulir” jelasnya.

Tidak hanya itu, menurut Basseng, kemampuan komunikasi yang efektif juga mutlak dimiliki oleh seorang pemimpin perubahan. Hal ini berkaitan dengan cara seorang pemimpin mampu menyampaikan gagasan proyek perubahannya kepada stakeholders, sehingga secara bersama-sama dapat tercapai tujuan yang diinginkan.

“Saya yakin inovasi yang telah digagas para peserta ini dapat meningkatkan pelayanan publik di Indonesia. Apalagi jika proyek perubahan ini bisa diaplikasikan dan dikembangkan oleh instansi-instansi lain tentu manfaatnya akan bertambah” tambahnya.

Basseng berharap inovasi yang lahir dari para pemimpin perubahan dapat memicu pertumbuhan inovasi lain di instansi asal peserta. Selain menjadi ajang promosi inovasi, kegiatan Web Expo Festival Inovasi tersebut juga menjadi arena pembelajaran bagi peserta.

“Para calon pemangku jabatan pimpinan tinggi madya diharapkan tidak hanya mampu melahirkan inovasi, tetapi juga dituntut mampu memimpin penerapan inovasi tersebut,” tutupnya

Kegiatan Web Expo Festival Inovasi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan bagi para peserta yang hadir Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat menyaksikan secara langsung inovasi-inovasi yang digagas peserta PKN tingkat I ini melalui fasilitas youtube dan zoom meeting. Dalam kesempatan ini ditayangkan 40 video pendek yang berisikan proyek perubahan para peserta PKN Tingkat I Angkatan XLIV Tahun 2020.

Skip to content