Menu Close

Hadapi Disrupsi, LAN Selenggarakan VPL Series ATA Xplore

Jakarta – Dalam rangka menguatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi disrupsi yang semakin massif di seluruh bidang, Lembaga Administrasi Negara (LAN) meluncurkan Virtual Public Lecture Series ASN Talent Academy (ATA) Xplore. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara periodik setiap dua minggu sekali. Seri pertama yang diselenggarakan secara daring mengusung tema “Optimalisasi Pemanfaatan Artificial Intelence (AI) dalam Meningkatkan Pengambilan Keputusan dan Tata Kelola Pemerintahan”, Selasa (17/9).

AI mengalami perkembangan yang cukup pesat, dimana beberapa waktu yang lalu AI masih sebatas pada konsep teoritis di laboratorium namun saat ini menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam keynote speech-nya Reni menyampaikan bahwa pemerintah tak luput dari gelombang disrupsi, dan menghadapi berbagai tantangan seperti relevansi dan akurasi data, efiseinsi admintrasi, dan yang utama adalah bagaimana menyediakan layanan publik yang berkualitas, mudah terjangkau dan efisien.

“Sebagai ASN, kita harus memberikan kontribusi dengan memikirkan strategi yang tepat untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang dihadapi pemerintah. Untuk itu melalui optimalisasi AI, diharapkan agar proses penyusunan rekomnedasi kebijakan dan pengambilan Keputusan dapat efektif dan efisien”, tambahnya.

VPL ATA Xplore seri pertama tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan Cybertrend dan diiukuti lebih dari 800 peserta. Diskusi dibuka dengan pemparan tentang apa itu AI, jenis-jenis AI, bagaimana AI dalam membantu pengambilan keputusan dan pengoptimlannya dalam tata kelola pemerintahan hingga isu terkait keamanan siber.

 

Skip to content