Menu Close

Kuliah Umum Politeknik STIA LAN Bandung : “Literasi Perpajakan Untuk Pembangunan Negeri” Berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat 1

Bandung – Politeknik STIA LAN Bandung berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat 1 menggelar Kuliah Umum bertajuk “Literasi Perpajakan Untuk Pembangunan Negeri” yang digelar secara blended di Aula Politeknik STIA LAN Bandung, Rabu (3/9).

Acara ini dihadiri oleh Direktur Politeknik STIA LAN Bandung, Ketua Tax Center serta para Mahasiswa Angkatan tahun 2022 dan 2023. Turut hadir pula Kepala Kanwil DJP Jawa Barat 1, Ir. Kurniawan Nizar selaku Narasumber didampingi oleh Rudi Munandar selaku kepala bidang Hubungan Masyarakat beserta jajarannya.

Kuliah umum dibuka dengan sambutan Direktur Politeknik STIA LAN Bandung yang menyambut baik kegiatan ini mengingat pentingnya literasi perpajakan bagi masyarakat umum, tidak terkecuali mahasiswa. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik STIA LAN Bandung, Dr. Muhamad Nur Afandi, S.Pd., M.T mengatakan bahwa agenda ini merupakan hal penting bagi mahasiswa karena hal ini dapat meningkatkan wawasan mereka mengenai literasi pajak.

Beliau menambahkan, bahwa kegiatan kuliah umum ini merupakan agenda rutin tahunan di Politeknik STIA LAN Bandung. Kegiatan kuliah umum ini pun merupakan salah satu wujud penguatan dari budaya akademik yang ada di lingkkungan Poltek.
“Kuliah umum ini akan menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang makna literasi perpajakan, apa itu pajak digital terkait dengan literasi digital, hal ini juga akan banyak di diskusikan pada kegiatan kita pada hari ini.

Sejalan dengan sambutan Direktur Politeknik STIA LAN Bandung, Ir. Kurniawan Nizar selaku narasumber menyampaikan bahwa perpajakan yang ada di Indonesia itu sangat penting karena pajak merupakan kontributor terbesar untuk pemerintah yaitu sebesar 80% dibandingkan dengan pendapatan negara yang lain. Adapun 80% pendapatan negara yang berhasil terhimpun dari pajak yang dipungut dari Masyarakat Indonesia ini tidak lain di alokasikan untuk Pembangunan.

Selesai pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama. Agenda ini diharapkan dapat memberi insight lebih serta menjadi lebih paham mengenai literasi perpajakan yang ada di Indonesia. Karena generasi muda apabila sudah memahami terkait literasi perpajakan, nanti, di masa yang akan datang, Ketika mereka telah menjadi pemimpin-pemimpin yang ada di pemerintahan maupun swasta, akan lebih paham, pentingnya pajak untuk Pembangunan yang ada di negara Indonesia.

Skip to content