Menu Close

Puslatbang PKASN Fasilitasi Kementerian PAN RB Pada Penyelenggaraan Workshop Pemanfaatan AI dalam Pembuatan Konten Pembelajaran

Sumedang – Perkembangan digitalisasi telah membawa perubahan signifikan dalam pelatihan dan pengembangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Dengan bantuan teknologi digital, pembelajaran dapat dilaksanakan melalui platform e-learning. Sehingga akan memberikan kesempatan yang luas dalam pengembangan kompetensi (bangkom) bagi ASN. Demikian disampaikan Kepala Puslatbang PKASN, Drs. Riyadi, M.Si, dalam sambutannya pada Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembuatan Konten Pembelajaran yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). Kegiatan ini dilaksanakan secara blended, bertempat di ruang Kelas Lantai 1 Gedung Grha Giri Wisesa, Puslatbang PKASN, pada Rabu (17/7).

“Pengembangan konten pembelajaran menggunakan AI sangat menarik dan harus disambut dengan tangan terbuka di era digitalisasi.” ujar Riyadi.

Riyadi menggarisbawahi bahwa penyusunan konten pembelajaran membutuhkan komitmen dari berbagai pihak. Sehingga akan mendukung pengembangan kompetensi ASN yang tidak harus membutuhkan waktu yang lama.

“Dengan semangat fasilitator dan peserta untuk mengisi platform pembelajaran, sistem open source ini adalah kesempatan besar untuk menambah wawasan dan pengetahuan keterampilan,” ujarnya.

Plt. Asisten Deputi Manajemen Talenta dan Peningkatan Kapasitas, Kementerian PANRB, Agus Yudi Wicaksono, S.STP., M.PP., turut hadir dan membuka workshop tersebut. Yudi menambahkan bahwa kolaborasi antara Kementerian PANRB dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) akan mempercepat penyiapan konten pembelajaran.

“Dengan UU ASN, setiap ASN wajib mengembangkan kompetensinya dan pemerintah wajib membuka akses pembelajaran. Tidak lagi dimonopoli pembelajaran klasikal, nantinya akan ada Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dalam pemenuhan bangkom,” jelasnya.

Yudi juga menekankan bahwa Kementerian PANRB sedang menyiapkan platform Smart ASN untuk dapat diakses seluruh ASN.

“Konten pembelajaran tidak hanya menjadi ranah Widyaiswara dan Pengembang Teknologi Pembelajaran. Mereka akan menjadi katalis, setiap ASN bisa menyebarluaskan pengetahuan yang dimilikinya. Kami sedang menyiapkan smart ASN dan berkolaborasi dengan Pusat Data dan Informasi, LAN sehingga dapat diakses seluruh ASN,” tambahnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari berbagai instansi, di antaranya: Kepala Pusat Data dan Informasi, LAN, Muhammad Firdaus, M.B.A., Ph.D., yang menyampaikan paparan tentang Sosialisasi Pengisian Aset Pembelajaran pada Platform Pembelajaran Digital. Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Pertama, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Umum, Kementerian Keuangan, Muh. Anang Al Aziz, yang memaparkan Pengembangan Media Pembelajaran di Lingkungan Kementerian Keuangan. Widyaiswara Ahli Muda, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indra Riswadinata, M.H., yang membawakan materi tentang Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembuatan Konten Pembelajaran.

Workshop berlangsung pada tanggal 17-18 Juli 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, dengan harapan bahwa pemanfaatan teknologi AI dalam pembuatan konten pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi ASN di seluruh Indonesia.(Humas)

Skip to content