Menu Close

40 Orang Peserta PKP Angkatan I Tahun 2024 Dinyatakan Lulus dan Resmi Dilepas, Sestama LAN RI : Jadilah Pemimpin Agile dan Adaptif

SAMARINDA – Setelah menyelesaikan 905 JP selama 104 hari, seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I Tahun 2024 yang berjumlah 40 orang dinyatakan lulus dan resmi dilepas oleh Sekretaris Utama LAN RI Dra. Reni Suzanna, MPPM pada Upacara Pelepasan di di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD LAN, Rabu (29/5). Upacara Pelepasan juga dihadiri oleh perwakilan dari Kepala BKPSDM Kota Balikpapan, Kota Tarakan, Kota Bontang, dan Kab. Kutai Barat.
.
Dalam sambutannya Sekretaris Utama LAN RI Dra. Reni Suzanna, MPPM menegaskan bahwa kondisi negara kita saat ini menunjukkan perubahan yang sangat dinamis. Kemunculan covid misalnya, dikatakan oleh Reni tidak pernah ada yang bisa memprediksi sebelumnya. “Peperangan Ukraina, Israel dan Palestina, apakah ada yang pernah memprediksi? Dan bahkan walaupun kita tidak ikut dalam perang atau konflik yang terjadi, tetapi kita juga ikut terkena imbasnya, baik di dunia industri, pemerintahan, maupun masyarakat” ujar Reni. Seiring dengan itu, masyarakat saat ini menurut Reni tumbuh semakin cerdas dengan semakin meningkatnya tuntutan dan harapan mereka. Untuk itulah disampaikan Reni bahwa peran para peserta sebagai seorang pemimpin sangatlah penting dalam memenuhi tuntutan masyarakat. “Kondisi era VUCA ini, membutuhkan pemimpin yang agile, tidak hanya menunggu, tidak hanya menerima instruksi, tetapi mampu menganalisis permasalahan dan memberikan solusi dengan cepat dan tepat” tambah Reni. LAN sebagai lembaga pelatihan bagi ASN tentunya dalam hal ini ingin berkontribusi membangun pemimpin-pemimpin yang memiliki semangat dalam berinovasi. Tidak hanya itu, nilai adaptif sebagai salah satu core values ASN juga harus dapat ditanamkan dalam diri seorang pemimpin. Apalagi disampaikan oleh Reni bahwa dari hasil survey core values BerAKHLAK yang dilakukan oleh KemenPAN dan RB, adaptif menjadi nilai terbawah di antara 6 core values lainnya. Penyebabnya adalah karena para pemimpin tidak dianggap memberikan kesempatan berinovasi kepada para pegawainya. “Jadi kami sangat berharap, Bapak Ibu semua dapat menularkan jiwa-jiwa inovasi yang dimiliki kepada seluruh pegawai di instansinya masing-masing” tegas Reni. Selanjutnya, Reni juga membacakan tiga peserta terbaik, yang diraih oleh :
• Peringkat I : Mochamad Haryanto, ST dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan;
• Peringkat II : Muhammad Fitrya Lauda Eka Prasetyo, SE., MAP dari BPKAD Kota Bontang;
• Peringkat III : Elis Biantoro, A.Md.Kep dari Kelurahan Belimbing Kota Bontang.
.
“Terakhir kami berpesan, untuk dapat menyelesaikan aksi perubahan Bapak Ibu semua pada tataran jangka panjang dan menengah. Kami percaya bahwa Bapak Ibu akan selalu memiliki semangat juang dan kegigihan yang sama saat mengikuti pelatihan ini. Teruslah berjuang, tuntaskan inovasi anda, dan jadilah pemimpin yang paripurna” tutup Reni di akhir sambutannya.

Sementara itu Dr. Rahmat, MA selaku Widyaiswara Ahli Madya di Puslatbang KDOD LAN dalam laporannya menyatakan bahwa dari rapat evaluasi akhir peserta, dihasilkan 12 orang peserta lulus dengan predikat Sangat Memuaskan, 27 orang peserta lulus dengan predikat Memuaskan, dan 1 (satu) orang peserta lulus dengan predikat Baik. “Penilaian akhir terhadap kelulusan peserta PKA Angkatan I Tahun 2023 ini difokuskan pada 4 (empat) aspek, yaitu aspek : Evaluasi Akademik, Evaluasi Pembelajaran Lapangan (STULA), Evaluasi Produk Aktualisasi Kepemimpinan, dan Evaluasi Sikap Perilaku” jelas Rahmat. (ler/ler)

Skip to content