Menu Close

Audit Internal di Puslatbang KDOD

Samarinda – Inspektorat Lembaga Administrasi Negara melaksanakan Audit Internal Tahun Anggaran 2023 di Satker Puslatbang KDOD. Tim Inspektorat yang terdiri dari 5 orang dan Tri Novita Sari sebagai Ketua Tim tiba di kantor Puslatbang KDOD, Kamis (6/9).

Kegiatan diawali dengan entry meeting bersama para pengelola perencanaan dan keuangan, pengelola BMN, Kelompok Kerja Barang/Jasa, pengelola SDM, penyelenggara pelatihan, dan tim analisa kebijaka yang dipimpin Windra Mariani di ruang rapat. Audit Internal akan dilakukan hingga tanggal 12 September 2023.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Windra mewakili Kepala Puslatbang KDOD yang mengatakan bahwa Inspektorat berperan sebagai Quality Assurance yaitu menjamin bahwa suatu kegiatan dapat berjalan secara efisien, efektif dan sesuai dengan aturannya dalam mencapai tujuan organisasi. Selain itu, inspektorat juga sebagai tempat konsultasi untuk memastikan bahwa pelaksanaan anggaran dan kinerja telah sesuai dengan aturan. Ia juga mengharapkan, selama Inspektorat melakukan audit internal, dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk berdiskusi terkait isu-isu pemeriksaan dan pengelolaan keuangan.

Audit internal ini dilaksanakan sebagai bagian dari tugas Inspektorat untuk melakukan pengawasan internal dan memastikan bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Puslatbang KDOD sesuai dengan peraturan dan Undang-Undang yang berlaku. Novita juga mengungkapkan bahwa pemeriksa eksternal (BPK) tidak lagi hanya melihat kesesuaian dengan peraturan, tetapi juga memeriksa 3E yaitu Efektif, Efisien dan Ekonomis. Audit kali ini juga untuk memastikan bahwa unsur 3E tersebut terpenuhi di setiap satker yang ada di LAN.

Novita juga mengatakan bahwa setelah pemeriksaan selesai dan sebelum dinyatakan ada temuan, satker akan diminta untuk menanggapi dan membuat rencana aksi untuk menindaklanjuti sehingga bisa dilakukan perbaikan nantinya. Audit Internal ini juga menjadi wadah perbaikan agar Puslatbang KDOD menjadi lebih baik lagi. (mas)

Skip to content