Menu Close

Politeknik STIA LAN Bandung Gelar Konferensi Nasional Ilmu Administrasi (KNIA) ke 7

Bandung – Politeknik STIA LAN Bandung yang bertugas untuk menjalankan amanah/mandat peningkatan kompetesi, profesionalisme, dan integritas dari mahasiswa baik dari Aparatur Sipil Negara maupun dari masyarakat secara umum. Peran tersebut menuntut komitmen Politeknik STIA LAN Bandung untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sehingga dihasilkan lulusan yang kompeten dan amanah yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan kinerja organisasinya. Untuk itu di tahun 2023 Politeknik STIA LAN Bandung menyelenggarakan acara Konferensi Nasional Ilmu Administrasi (KNIA) ke-7 dengan tema “Memperkokoh Pembangunan Bangsa Melalui Penguatan Nilai Publik Yang Berdampak dalam Menapaki Indonesia Berdaulat, Maju, dan Mandiri” di Aula politeknik STIA LAN Bandung. Pada Kegiatan KNIA 7.0, menghadirkan 4 Narasumber. Paper yang masuk berjumlah 76 tulisan yang dituliskan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sesi presentasi dilakukan secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik STIA LAN Bandung, Dr Muhamad Nur Afandi, S.Pd., M.T mengatakan “Politeknik STIA LAN Bandung merupakan sebuah Perguruan Tinggi vokasi dibawah pembinaan Lembaga Administrasi Negara. Tentu setiap saat dan setiap tahun melakukan penyesuaian melakukan sebuah hal-hal untuk kemajuan dengan berbagai macam tantangan yang ada. Kwegiatan Konferensi Nasional Ilmu Administrasi tahun ini merupakan tahun ke -7 dan akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Tentu saja kegiatan ini akan selalu dikembangkan tiap tahunnya. Konferensi ini, tidak hanya dalam bentuk seminar saja tapi kan diikuti dengan kegiatan presentasi para peserta yang telah mengirimkan artikernya. Untuk kemudian kami publikasikan artikel tersebut di “Politeknik STIA LAN Bandung Press” yang berstandar ISBN, karena tahun ini kita telah memiliki penerbitan tersendiri. Dan untuk output nya kita sampaikan secara online”

Konferensi diawali dengan pembicara kunci Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si yang  mengatakan” Kita harus memperkokoh pembangunan bangsa salah satunya melalui trust. Sekali orang tidak percaya kepada kita maka kita akan susah dipercaya orang lain (Sodi Integritas)”.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi secara pararel pertama, Bapak Prof.Dr.Drs.H. Mansyur yang merupakan Ketua Program Doktor IPDN Kemendagri RI. Beliau menyampaikan materi tentang “Urgensi Etika Administrasi Publik dalam Penguatan Nilai Publik”. Narasumber kedua, yaitu Bapak Dr. M.R. Khairul Muluk, S.Sos., M.Si, Ketua Dewan Eksekutif Lembaga Akreditasi Mandiri Sosial, Politik, Administrasi dan Komunikasi (LAMSPAK) dari Universitas Brawijaya Malang dengan topik yang disampaikan adalah “Transformasi Kepublikan dalam Penguatan Nilai Publik”. Beliau menyampaikan problematisasi di Indonesia antara Publik vs Swasta. Narasumber berikutnya berasal dari Dosen Politeknik STIA LAN Bandung, Bapak Dr. Hendrikus T. Gedeona, S.I.P., M.Si. Bapak Hendrikus menyampaikan bahwa perlu adanya revitalisasi Public Values dan menghadirkannya secara nyata dan berdampak/bermanfaat bagi masyarakat.

Melalui acara konferensi ini diharapkan Politeknik STIA LAN Bandung memiliki peran serta untuk menghimpun berbagai pemikiran dan pengalaman terbaik dalam rangka mewujudkan pembangunan Indonesia yang lebih baik berdasarkan kontribusi pemikiran, hasil empiris maupun telaah teoritis dari para akademisi maupun praktisi yang terlibat.

 

Skip to content