Menu Close

Studi Lapangan Peserta PKA Angkatan I Tahun 2023 di Kabupaten Badung – Bali

SAMARINDA – Seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Tahun 2023 di lingkungan Puslatbang KDOD pada hari ini, Senin (14/8) mengikuti kegiatan Studi Lapangan ke Pemerintah Kabupaten Badung. Dipimpin oleh Kepala Puslatbang KDOD Dr. Muhammad Aswad, M.Si, kegiatan ini diterima oleh Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Drs. Anak Agung Ngurah Arimbawa bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Pemerintah Kabupaten Badung. Setelahnya, peserta dibagi empat kelompok untuk menuju sub lokus masing masing yaitu (1) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, (2) Dinas Pertanian dan Pangan, (3) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, dan (4) Dinas Kependidikan, Kepemudaan dan Olahraga.
Dalam sambutannya, Aswad menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari seluruh rangkaian kegiatan pelatihan, yang diyakini bahwa sebagaimana dalam proses pembelajaran ketika sesuatu dilakukan secara langsung maka akan lebih mudah untuk dipahami. Proses studi lapangan ini memiliki fokus pada dialog dan juga diskusi agar para peserta mendapatkan proses pembelajaran melalui beberapa lokus yang dikunjungi sesuai dengan tujuan yang diharapkan. “Tentu saja pembelajaran yang didapatkan dengan kunjungan di Kabupaten Badung ini akan menjadi bahan untuk menyusun Lesson Learnt kepemimpinan bagi para peserta” tegas Aswad. Sementara itu Arimbawa dalam sambutan penerimaannya menjelaskan hal-hal terkait dengan pemerintahan di Kabupaten Badung, mulai dari visi misi sampai prestasi dan penghargaan yang berhasil mereka terima atau raih. “Visi kami adalah melanjutkan kebahagiaan masyarakat Badung melalui pembangunan yang berlandaskan Tri Hita Kirana. Dengan visi tersebut, akhirnya kita mampu membawa Badung ini meraih penghargaan seperti IGA di tahun 2020 dengan kategori Kabupaten Sangat Inovatif. Selain itu, Inovasi Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Badung ini, telah populer menjadi salah satu tujuan kunjungan kerja dan studi tiru dengan jumlah 351 kunjungan berdasarkan data 2018 – 2023” jelas Arimbawa.
Pada akhirnya, Aswad juga berharap bahwa selain yang telah disebutkan tadi, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pembelajaran berbagai praktik baik yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Badung kepada peserta. Selain itu, diharapkan juga dapat terbangun kompetensi kemampuan manajerial peserta untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator dalam mengendalikan kinerja organisasi sesuai dengan standar operasional prosedur. (wla/ler)
Skip to content