Menu Close

BEDAH JURNAL TEKNIK ANALISIS KEBIJAKAN

SAMARINDA – Puslatbang KDOD LAN kembali menyelenggarakan kegiatan Bedah Jurnal seri ke-5 dengan tema Teknik Analisis Kebijakan Publik yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, Kamis (3/11) . Kegiatan yang dihadiri 102 orang peserta ini, menghadirkan narasumber yang merupakan seorang Dosen Fakultas Ilmu Administrasi-Universitas Indonesia dan Koordinator Wilayah Barat – Indonesian Association for Public Administration, yaitu Lina Miftahul Jannah.
Kegiatan ini dibuka dengan resmi oleh Koordinator Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah, Rustan A, SP., MA., M.SE yang mewakili Kepala Puslatbang KDOD. Dalam sambutannya Rustan mengatakan bahwa kegiatan Bedah Jurnal ini juga melibatkan JF Analis Kebijakan Program Ramah (Respon Alternatif Masalah Daerah) Puslatbang KDOD dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda sebagai peserta. Harapannya agar setelah JF Analis Kebijakan (AK) mengetahui tugas dan fungsinya secara utuh, mereka dapat menghasilkan produk-produk kebijakan dengan memanfaatkan teknik-teknik analisis kebijakan yang relevan dalam merespon persoalan atau isu actual yang ada di daerah.
Sementara itu dalam paparannya, Lina juga menyampaikan cara menganalisis kebijakan, merumuskan masalah publik yang benar, serta terampil menggunakan teknik dan metode menganalisis permasalahan. Berbagai teknik analisis diuraikan oleh Lina, mulai dari forecasting, SWOT, Confirmatory Factor Analysis, Cost and Benefit Analysis, Analytical Hierarchy Process, hingga Regulatory Impact Assessment. (tna/ler)
Skip to content