Menu Close

Caraka Pagi, Tantangan baru pembelajaran di alam terbuka bagi peserta Latsar CPNS di Puslatbang PKASN

“Kabayan… Kabayan… Maju Terus Walau Rintangan Menghadang…”

Demikian, potongan bait dari yel-yel yang dinyanyikan secara serempak dan penuh semangat oleh salah satu kelompok di kegiatan Caraka Pagi sebagai praktek Materi Agenda I (Sikap Perilaku Bela Negara) Latsar CPNS Puslatbang PKASN, Kamis (20/10).

Kegiatan latsar CPNS kali ini sedikit berbeda dari Latsar CPNS sebelumnya, dimana penyelenggaraan Latsar CPNS adalah penggabungan dari angkatan 4 dan angkatan 5 yang keduanya berasal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu penyelenggaraan Latsar kali ini lebih semarak dan penuh tantangan dikarenakan ada agenda Caraka Pagi. Caraka Pagi merupakan simulasi pembelajaran di alam terbuka dalam rangka implementasi materi pada modul 1 tentang Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Bela Negara, kemudian modul 2 yakni Analisis Isu Kontemporer dan Modul 3 tentang Kesiapsiagaan Bela Negara.

Caraka pagi dilaksanakan secara berkelompok, dengan melakukan perjalanan menempuh jarak kurang lebih 5 Km dari Kantor Puslatbang PKASN  menyusuri kaki Gunung Manglayang. Terdapat beberapa pos pada titik-titik lokasi tertentu untuk para kelompok dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan materi di Agenda I.  Kegiatan ini diikuti oleh 79 orang peserta.

Pada Agenda I yang diselenggarakan secara Klasikal ini, kegiatan diakhiri pada malam hari dengan menggelar Upacara Api Semangat Bela Negara di Aula Gedung Serba Guna Puslatbang PKASN Jatinangor. (Humas)

Skip to content