Menu Close

Upacara Pembukaan Latsar CPNS Angkatan XXVII Tahun 2022

SAMARINDA – Kepala Pusat Diklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos., M.Hum membuka secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XXVII yang digelar di Auditorium Puslatbang KDOD, Kamis (20/10). Seluruh peserta pelatihan yang berjumlah 39 orang berasal dari Kemendikbud Riset Dikti yang berprofesi sebagai dosen dari berbagai Perguruan Tinggi di Kalimantan, yaitu Universitas Tanjungpura, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Mulawarman.
Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Sub Koordinator Pelatihan dan Pengembangan Puslatbang KDOD Rokip Purnomo, mengatakan bahwa pelatihan ini telah dilaksanakan secara daring sejak tanggal 18 Juli yang lalu. Sedangkan pelatihan dengan tahapan klasikal ini akan berlangsung selama seminggu ke depan hingga tanggal 26 Oktober 2022. Rokip juga menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi yang memadukan pelatihan klasikal dan non-klasikal, serta kompetensi sosial kultural dengan kompetensi bidang.
Sementara dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi pelatihan ini, Amurwani menekankan kepada seluruh peserta bahwa ASN memilki tiga peran penting yaitu sebagai pelaksana kebijakan, pelayan public dan perekat pemersatu bangsa yang diamanatkan dan UUD. “Hal ini merupakan perwujudan dalam menjalankan visi misi Presiden dalam menciptakan SDM unggul yang membawa kemajuan bangsa. Selain itu, dengan perkembangan zaman yang dinamis seorang ASN dituntut untuk meningkatkan kemampuan diri agar bisa beradaptasi dengan perubahan melalui pengembangan kompetensi sehingga kualitas sebagai seorang ASN dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peran ASN” tegas Amur.
Amur juga menyampaikan bahwa sebagai pelayan publik saudara dituntut untuk memberikan pelayanan yang profesional guna mendapatkan kepuasan dari masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Amur juga berpesan kepada peserta agar dapat terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki agar menjadi teladan dalam memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.
Skip to content