Menu Close

Book Battle Politeknik STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar

Jakarta – Dalam rangka Hari Kunjungan Perpustakaan setiap tanggal 14 September, sekaligus mengawali serangkaian kegiatan Dies Natalis Politeknik STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar tahun 2022. Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan Book Battle yang diikuti perwakilan mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar. Dibuka oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Nurliah Nurdin, MA., dihadiri oleh para Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Diselenggarakan secara Hibrida di Ruang Serbaguna Politeknik STIA LAN Jakarta dan via Zoom Meeting, Jum’at (21/10)

Buku yang di review adalah buku “Inovasi di sektor Publik” yang ditulis oleh Yogi Suwarno, MA, Ph.D Dosen Politeknik STIA LAN Jakarta dan menjabat pula sebagai Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan Lembaga Administrasi Negara (LAN RI).

Dalam sambutan pembukaannya Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Nurliah Nurdin, MA., mengatakan tanggung jawab kita sebagai penyelenggara pendidikan tinggi untuk memfasilitasi dan menumbuhsuburkan budaya berliterasi di lingkungan kampus, melalui mimbar akademik dengan kemasan yg kreatif dan inovatif.
Kegiatan book battle ini juga diharapkan dapat menjadi spirit bersama untuk membuka ruang inovasi yang mampu menghadirkan kebermanfaatan seluas-luasnya bagi sivitas akademika maupun masyarakat.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan mimbar akademik yang dikemas dalam bentuk perlombaan Book Battle, yaitu kompetisi mereview buku secara lisan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong mahasiswa serta seluruh sivitas akademika agar mampu berfikir kritis serta dapat memberikan sumbangan pemikiran yang konstruktif terhadap suatu karya akademik.
Diharapkan melalui media perlombaan book battle ini dapat menjadi perekat semangat persatuan dan kebersamaan antar sivitas akademika Politeknik STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar.

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Ka.Unit Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta Saifurohman, S.Sos, menyampaikan lomba book battle ini dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.
Jumlah partisipan dalam babak penyisihan adalah sebanyak 15 Tim/Regu, yang telah mengirimkan naskah reviewnya.
Berdasarkan hasil rekapitulasi nilai dari para juri, maka didapat 3 Tim/Regu yang berhasil lolos maju ke babak final, dan masing-masing adalah wakil/duta dari Poltek STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar.

Penulis Buku “Inovasi di Sektor Publik”, Yogi Suwarno, MA, Ph.D juga berkenan hadir sekaligus bertindak sebagai salah satu Juri. Dewan Juri lainnya pada Kegiatan Book Battle adalah Dr. H. Asropi, SIP, M.Si (Kaprodi APN Program Magister Terapan Poltek STIA LAN Jakarta), Dr. Abdul Rahman, SKM, M.Si (Kaprodi ABSP Program Sarjana Terapan Poltek STIA LAN Bandung) dan Dr. Deasy Mauliana, SH, MH (Kaprodi APN Program Magister Terapanoltek STIA LAN Makassar).

Kegiatan Book Battle menjadi lebih menarik dengan dimoderatori oleh Budi Fernando Tumanggor, SS., MBA dan Nurmita Sari, SE., MM., Dosen Politeknik STIA LAN Jakarta.

Hasil lomba Book Battle langsung diumumkan yaitu :
1. Juara 1 Book Battle adalah wakil/duta dari Politeknik STIA LAN Bandung mendapatkan piala dan uang pembinaan
2. Juara 2 Book Battle adalah wakil/duta dari Politeknik STIA LAN Makassar mendapatkan piala dan uang pembinaan
3. Juara 3 Book Battle adalah wakil/duta dari Politeknik STIA LAN Jakarta mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Skip to content