Menu Close

Diskusi Awal Tim BPK dan Puslatbang KDOD

SAMARINDA – Tim Pemeriksa dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI hari ini, mengundang tim dari Puslatbang KDOD untuk melakukan diskusi terkait dengan pemeriksaan kinerja pendahuluan atas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dalam Kegiatan Inovasi untuk Pelayanan Publik Berkualitas, secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (1/9). Kegiatan ini juga turut dihadiri dan dibuka oleh Inspektur LAN, Hari Nugraha.
Diskusi ini diawali oleh paparan dari tim Puslatbang KDOD yang dipimpin oleh Kepala Puslatbang KDOD, Muhammad Aswad. Dalam paparannya, Aswad menjelaskan terkait dengan tupoksi yang dimiliki oleh Puslatbang KDOD serta kaitannya dengan kegiatan inovasi yang telah dilaksanakan. Aswad menjelaskan bahwa sejak terjadinya perubahan nomenklatur di tahun 2018 pada Puslatbang KDOD yang semula adalah PKP2A III LAN, maka fungsi pelaksanaan kegiatan inovasi tidak lagi melekat pada tupoksi Puslatbang KDOD, sehingga kegiatan-kegiatan inovasi seperti Laboratorium Inovasi tidak lagi dijalankan. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan kegiatan inovasi dapat tetap dijalankan dengan kewenangan yang dilimpahkan oleh LAN RI pusat.
Tim BPK RI yang diketuai oleh Jimmy Sumakul kemudian melontarkan beberapa pertanyaan sebagai bahan diskusi, yang kemudian dijawab dan dijelaskan oleh tim dari Puslatbang KDOD. Pertanyaan yang diajukan antara lain adalah terkait dengan keberlanjutan dari inovasi yang para alumni pelatihan, data hasil monitoring dan evaluasi pasca diklat, keterkaitan tusi Puslatbang KDOD dengan kegiatan inovasi, dan hal-hal penting lainnya. Rencananya, dalam waktu yang akan ditentukan kemudian, tim BPK juga akan berkunjung secara langsung ke kantor Puslatbang KDOD LAN sebagai salah satu tindak lanjut dari pemeriksaan yang dilakukan pada hari ini. (ler/ler)
Skip to content