Menu Close

Pelatihan Revolusi Mental Bagi JPT Pratama di Lingkungan Pemkot Bontang Resmi Dilepas

SAMARINDA – Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si resmi melepas Pelatihan Revolusi Mental untuk Penguatan Budaya Birokrasi yang Bersih, Melayani, dan Responsif Bagi JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang,  secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Kamis (14/7). Pelatihan ini diikuti oleh 31 orang peserta yang juga merupakan seluruh JPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kota Bontang. Disampaikan oleh Koordinator Pelatihan dan Pengembangan Puslatbang KDOD Dr. Rahmat, MA dalam laporannya bahwa sebanyak 29 orang peserta dinyatakan lulus dengan kategori Kompeten, sedangkan 2 (dua) orang peserta lainnya dinyatakan Tidak Kompeten karena tidak mengikuti pembelajaran tahap evaluasi RTTB dan evaluasi hasil RTTB.

“Saat ini pemerintahan di Indonesia terus melakukan pembenahan dari berbagai aspek. Pertama, transformasi organisasi, dimana kita ketahui bahwa pemerintah telah secara bertahap melakukan delayering dan juga mengalihkan pejabat struktural ke fungsional. Untuk itu, organisasi harus bisa menjadi organisasi yang agile atau lincah, dengan SDM yang juga lincah. Apalagi pergeseran pejabat struktural menjadi fungsional yang saat ini juga menjadi sebuah tantangan tersendiri. Bagaimana kemudian mereka ini bisa melakukan perubahan dalam cara berfikir, cara bekerja, dan cara bertindak. Ataukah tetap menjadi pejabat fungsional rasa struktural” jelas Aswad.

“Belum lagi transformasi dalam hal teknologi, yang saat ini menjadi sebuah tuntutan bagi pemerintahan agar bisa menjadi negara maju yang adaptif dan mampu melakukan perubahan agar tidak tertinggal dengan negara maju lainnya. Apakah kita ini sudah bisa berinteraksi dengan transformasi-transformasi itu? Saya kira ini menjadi PR besar bagi kita bersama, yang bisa ditindaklanjuti melalui perubahan cara fikir, cara kerja, dan cara bertindak kita sebagai seorang ASN sekaligus agen perubahan” lanjutnya lagi.

Di akhir sambutannya, Aswad menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta agar tetap berkomitmen melanjutkan perubahan yang telah dilakukan. “Tak lupa juga kami berikan apresiasi kepada anda semua selaku JPT Pratama yang ada di Pemkot Bontang karena telah berkomitmen menyelesaikan seluruh rangkaian proses pelatihan ini, karena tanpa itu semua kami juga tidak akan berhasil dalam menyelasaikan tugas kami. Dan juga kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bontang pada khususnya yang telah memberikan kepercayaan kepada kami sebagai mitra untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi bagi para ASN-nya, para pimpinannya, dan semoga kerjasama ini terus terjalin di masa-masa yang akan datang” tutupnya. (ler/ler)

#kawanlan
#lanuntuknegeri
#makartibhaktinagari
#puslatbangkdodlan
#asnunggul
#asnberakhlak
#banggamelayanibangsa

Skip to content