Menu Close

Dorong Para Istri Pimpinan Tinggi Bangun Citra Positif Sebagai Pendamping Suami, DWP LAN Selenggarakan Ladies Program Bagi istri Peserta PKN Tingkat I Angkatan LII

Jakarta – Sebagai seorang pendamping sudah selayaknya seorang istri memberikan dukungan dan motivasi bagi seorang suami. Terlebih ketika suami memiliki kedudukan strategis dalam organisasi, istri harus mampu membangun citra positif melalui wawasan yang luas, sikap dan perilaku yang baik serta menjadi teladan untuk senantiasa hidup sederhana. Hal ini diungkapkan Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dra. Reni Suzana, MPPM, saat memberikan sambutan pada acara Ladies Program yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan LAN, di Gedung Wisesa, LAN Corporate University, Senin (27/6).

“Citra positif ini ditunjukkan dalam berbagai kesempatan terutama ketika menjadi pendamping suami dalam berbagai pertemuan kedinasan maupun non kedinasan” tambahnya.

Lebih lanjut, Reni menjelaskan, untuk mendukung peran tersebut maka setiap istri perlu meningkatkan wawasan pengetahuan yang lebih luas, mengembangkan kapasitas kepemimpinan yang kuat serta mampu berkomunikasi dengan baik, hal ini tentu saja perlu dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“LAN menyelenggarakan kegiatan Ladies Program yang merupakan agenda rutin yang diikuti oleh istri para peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I angkatan LII ini, ini merupakan kali pertama kegiatan ini diselenggarakan secara blended, setelah lebih dari 2 tahun secara daring. Namun hal ini perlu disikapi secara bijaksana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menaati rambu-rambu yang telah diberikan satuan tugas Covid-19 LAN” tegasnya.

Ia menjelaskan, selain membekali para istri dengan wawasan dan pengetahuan, kegiatan Ladies Program memiliki tujuan dalam mempererat tali silaturahmi istri para peserta PKN tingkat I angkatan LII, selain itu juga menjadi sarana sinergi dan kolaborasi untuk kelak melakukan agenda sosial kemasyarakatan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DWP LAN, Titin Resmiatin, SS, MPA mengatakan Ladies Program ini diselenggarakan merupakan salah satu amanat musyawarah nasional DWP pada tahun 2014 dimana LAN diberikan mandat untuk menyelenggarakan ladies program untuk para istri peserta diklatpim (sekarang PKN), untuk meningkatkan wawasannya. Diharapkan bukan hanya suami yang mendapatkan pengetahuan tetapi juga istri dapat menambah wawasan, agar kedepannya suami dan istri dapat berjalan beriringan dalam menjalankan tugas negara.

“Dalam menunjang peran suami sebagai pimpinan tinggi, istri perlu dibekali kemampuan dan kapasitas kepemimpinan karena ia juga akan memimpin organisasi kewanitaan didalam institusinya baik dharma wanita persatuan maupun bhayangkari,” tuturnya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan mampu membentuk para istri untuk mampu berkomunikasi secara efektif, menjaga sikap dan perilaku serta mendukung secara moril kepada suami untuk meningkatkan kinerja dan keberhasilan dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara,” tutupnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat pengembangan kompetensi kepemimpinan nasional ASN. DR. Caca Syahroni, SIP., M.Si. dan Narasumber dari Performax, Linda Nur Lestari, serta  Wakil Ketua I DWP Pusat, Ir. Suyani Agung secara daring.

Skip to content