Menu Close

Terima Kunjungan Universitas Muhammadiyah Sukabumi, LAN Berbagi Tentang Proses Perumusan Kebijakan Publik Kepada 234 Mahasiswa

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara menerima kunjungan 234 Mahasiswa, yang juga didampingi 10 dosen Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) di Aula Prof Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jakarta, Kamis (2/6). Rombongan diterima secara langsung oleh Kepala Biro Hukum dan Humas, Tri Atmojo Sejati, SH, ST, MH, didampingi Koordinator Poksi Humas dan Protokol, Trixsaningtyas Gayatri, S.IP., M.,Si. 

Dalam sambutan pembukanya, Jatit mengucapkan selamat datang di LAN kepada seluruh rombongan mahasiswa dan dosen pendamping. Ia juga menyampaikan gambaran umum mengenai struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi yang ada di LAN sebagai pengantar diskusi. Ia juga meminta untuk tidak segan-segan menanyakan apa saja yang ingin diketahui, serta dapat membandingkan antara teori yang didapat saat proses pembelajaran dengan konteks dan prakteknya di LAN.

“Sebagai informasi bahwa LAN merupakan instansi pembina Jabatan Fungsional Analis Kebijakan, dan fungsional Widyaiswara, serta menjadi instansi pembina Pendidikan dan pelatihan bagi aparatur seluruh Indonesia” tambahnya

Sementara itu, Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Analis Kebijakan (PUSAKA), Dr. Yogi Suwarsono, MA, yang hadir sebagai narasumber menjelaskan terkait tugas analis kebijakan yang memiliki peran penting dalam proses formulasi suatu kebijakan.

Lebih jauh Yogi menjelaskan, analis kebijakan dapat menjadi jembatan antara dunia akademisi dan penelitian dengan dunia birokrasi dan politik. Peran tersebut dapat ditunjukkan dengan membaca situasi dan memberikan rekomendasi kebijakan yang tepat di berbagai level pemerintahan, baik di level pusat sampai dengan daerah, tanpa adanya tumpang tindih kebijakan.

“Oleh karena itu, seorang analis kebijakan dalam upaya merumuskan kebijakan perlu didasari pada fakta-fakta dilapangan atau evidence based policy (EBP) yang kuat sebagai fondasi dasar yang dibangun dalam menghasilkan sebuah kebijakan yang berkualitas. Disinilah kualitas kebijakan terlihat dari seberapa banyak informasi (evidence) yang diperoleh di lapangan atau kondisi real, dalam rangka memecahkan berbagai permasalahan publik” jelasnya

Yogi menerangkan, sebuah kebijakan tidak dapat mengakomodasi semua kepentingan, maka analis kebijakan tidak hanya dibekali dengan kemampuan teknis perumusan kebijakan tetapi juga kemampuan komunikasi publik, sehingga rekomedasi dan alternative kebijakan yang diinisiasinya dapat diterima dan diterjemahkan dengan baik pada pengambil kebijakan.

Ia berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk senantiasa belajar dan menggali pengetahuan tidak hanya saat proses pembelajaran berlangsung tetapi juga memanfaatkan berbagai sumber informasi seperti media sosial. Sejalan dengan hal tersebut Yogi menambahkan, Pusaka telah memiliki rekaman video tentang Virtual Public Lecture yang dapat diputar di youtube LAN, ini dapat menjadi salah satu sumber pembelajaran bagi mahasiswa.

Dalam kesempatan yang sama juga, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Rizki Hegia Sampura, M.A menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas sambutan serta pengalaman yang berharga yang didapat selama kunjungan.

“Saya berharap kerjasama ini dapat terus berjalan dan LAN juga dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan praktek/magang serta mencari informasi dalam rangka penulisan skripsi dan tugas akhir,” tutupnya. (humas)

Skip to content