Menu Close

Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bontang, Puslatbang KDOD Gelar Pelatihan Revolusi Mental yang Diikuti Seluruh Pimpinan OPD

SAMARINDA – Untuk pertama kalinya, Pelatihan Revolusi Mental untuk Penguatan Budaya Birokrasi yang Bersih, Melayani, dan Responsif bagi JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Bontang digelar oleh Puslatbang KDOD yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bontang. Pelatihan yang diikuti oleh seluruh JPT di lingkungan Pemerintah Kota Bontang yang berjumlah 31 orang ini sebenarnya telah dimulai sejak bulan Februari yang lalu, namun baru dilaksanakan secara klasikal, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bontang, Hj. Najirah, SE di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD, Kamis (19/5) . Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN RI Dr. Basseng, M.Ed juga turut hadir dalam acara ini untuk memberikan sambutannya. Basseng memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Bontang, karena pelatihan ini adalah pelatihan yang pertama kalinya diikuti oleh seluruh pimpinan OPD di satu daerah atau Kabupaten / Kota.

“Kami berharap, Pemkot Bontang ini dapat menjadi pioneer sehingga daerah lain bisa terinspirasi dan melakukan hal yang sama” ujar Basseng. “Dari perspektif penyelenggaraan pelatihan, tentu pelatihan ini menjadi sebuah strategi efektif yang akan menghadirkan banyak keuntungan. Pertama, seluruh pimpinan OPD ini tentunya akan memiliki persepsi yang sama terhadap permasalahan yang dihadapi oleh entitas yang sama. Kedua, chemistry antar pimpinan yang terbangun, dapat menjadi sebuah modal sinergitas yang baik” terangnya lagi.

Menurut Basseng, isu yang urgent dalam konteks pelatihan ini adalah terkait urgensi dilaksanakannya pelatihan ini bagi Pemerintah Kota Bontang. Visi yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Bontang yaitu Hebat dan Beradab adalah visi yang luar biasa dan mudah dipahami. Untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah, karena diperlukan SDA yang kompeten dan memiliki mental yang sudah berevolusi. Jika dikaitkan dengan kualitas masyarakat yang sekarang semakin pintar dan membuat tuntutan mereka semakin meningkat, maka tentu saja birokrasi pemerintahan juga dituntut untuk lebih pintar lagi agar dapat mengimbangi tuntutan tersebut. “Untuk itulah pelatihan ini menjadi momentum yang tepat, dan Pimpinan OPD juga harus terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan baik secara teknis, keilmuan, dan juga non teknis, yaitu sikap, perilaku, dan juga adab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelatihan ini menekankan pada empati atau kepedulian. Setiap perubahan besar juga diawali dengan kepedulian. Oleh karena itu, saya harap seluruh peserta dapat membuka diri, open minded, menerima kritik dan masuka, agar revolusi mental itu sendiri dapat terwujud” tegas Basseng.

Sementara itu Wakil Walikota Bontang, Hj. Najirah, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa dasar dalam pelaksanaan revolusi mental bagi ASN kota Bontang itu sendiri telah tertuang dalam Instruksi Presiden No. 12 Tahun 2016 Tentang Gerakan Revolusi Mental. “Melalui kegiatan ini Pemerintah Kota Bontang berharap dapat mewujudkan ASN yang mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas, serta dalam rangka mewujudkan pegawai ASN yang mampu bekerja dengan mengedepankan sikap dan cara pandang yang optimistik dalam menatap masa depan, yang berprestasi dan produktif serta mewujudkan integritas, kerja keras dan semangat gotong royong. Pelatihan ini juga merupakan bagian dari rencana aksi dalam pengembangan SDM Aparatur kota Bontang untuk mendukung kota Bontang yang lebih hebat dan beradab” jelas Najirah. “Seluruh peserta dalam pelatihan ini juga merupakan orang-orang terpilih, yang melalui pelatihan ini diharapkan mengalami peningkatan kapasitas diri, sehingga dapat belajar memahami dan berpikir secara komperehensif untuk dapat mengubah cara pandang, cara fikir, dan budaya kerja yang cepat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersih, melayani, dan responsive” imbuhnya lagi. Najirah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puslatbang KDOD LAN yang telah bersedia untuk memfasilitasi pelatihan ini, dan memberikan kontribusi dan peran serta untuk menjadikan SDM di Kota Bontang menjadi semakin professional. (ler/ler)
#kawanlan #lanuntuknegeri #makartibhaktinagari #puslatbangkdod #asnunggul #asnberakhlak #banggamelayanibangsa

Scroll Up