Menu Close

Menilik Sertifikasi Halal melalui Forum KBK

SAMARINDA – Teuku Miftahul Heldra Sandiza, salah satu pegawai Puslatbang KDOD LAN diberikan kesempatan untuk menjadi Narasumber dalam Forum Kelompok Budaya Kerja (KBK) dengan mengulas tema terkait sertifikasi halal, di Auditorium Puslatbang KDOD, Jum’at (25/3) .

Dalam paparannya Miftah menjelaskan tentang pentingnya label halam dalam hukum Islam. “Mengkonsumsi yang halal itu suatu kewajiban bagi umat muslim. Dalam beberapa surah di Alquran bahkan juga telah jelas terdapat perintah Allah untuk kita manusia, memakan makanan yang halal lagi baik” ujar Miftah. Dikatakan juga oleh Miftah, sebenarnya konsep halal tidak hanya diperuntukkan bagi kaum Muslim, tapi juga untuk nonmuslim.

“Industri halal sendiri merupakan ekosistem baru yang penting untuk dikembangkan dan didukung oleh berbagai pihak. Dengan adanya kewajiban dalam sertifikasi halal, maka ada tantangan dan juga peluang untuk meningkatkan manajemen penjaminan mutu dan juga daya saing. Untuk itu, semua infrastruktur juga harus segera dipenuhi” jelas Miftah lagi. Menurut Miftah, sertifikasi halal sangat penting sebagai wujud perlindungan konsumen, terutama muslim. Tak hanya itu, melalui label halal, para pelaku usaha juga akan mendapatkan keuntungan ekonomis.

Setelah sesi diskusi di akhir acara dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pelepasan tiga orang mahasiswa dari Universitas Mulawarman yang telah selesai melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Puslatbang KDOD. Salah satu mahasiswa yang bernama Adit, bahkan sebelumnya membagikan ilmu terkait e-commerce melalui presentasinya. (ler/ler)

#lanuntuknegeri #kawanlan #makartibhaktinagari #puslatbangkdod #asnunggul #asnberakhlak #banggamelayanibangsa

Skip to content