Menu Close

Lanjutkan Kerjasama Dengan Sekretariat DPRD Kota Medan, LAN Dampingi Pelaksanaan Akselerasi Pelayanan Melalui Inovasi dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah

Jakarta –  Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi ASN (Pimbangkom ASN) kembali melanjutkan kerjasama Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, di Gedung A, Kantor LAN, Jl Veteran Nomor 10, Jakarta Pusat, Rabu (16/3). Perjanjian Kerja Sama tentang  Pelaksanaan Akselerasi Pelayanan Melalui Inovasi dan Survei Kepuasan Pelayanan Perangkat Daerah pada Kegiatan Perencanaan, Penganggaran  dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah ini ditandatangani oleh Kepala Pimbangkom ASN, Drs. Seno Hartono, DESS dengan Sekretaris DPRD Kota Medan, M. Ali Sipahutar, S.S.T.P, M.A.P. dan disaksikan  Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN LAN, Dr. Agus Sudrajat, MA , serta Wakil Ketua I DPRD Kota Medan H. Ihwan Ritonga, SE., MM.

 Dalam sambutannya Agus Sudrajat menyampaikan Kerjasama LAN, khususnya Pimbangkom ASN dengan Sekretariat DPRD Kota Medan untuk kegiatan Akselerasi Inovasi Pelayanan Setwan Kota Medan ini sudah dilakukan sejak lama, kurang lebih sejak tahun 2019. Pada tahun 2022 ini, kegiatan kerjasama akan difokuskan pada upaya mengevaluasi apakah ide-ide inovasi yang sudah dihasilkan tersebut dapat menyelesaikan masalah dan memenuhi harapan stakeholders.

 “Kegiatan evaluasi ini sangat penting, mengapa? Karena jangan sampai kita hanya menghasilkan banyak ide kreatif, banyak inovasi yang bagus-bagus tetapi tidak bisa menjadi solusi, tidak bisa menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Karena kita menyadari, ide inovasi yang muncul diawal, dan kita harapkan dapat menyelesaikan masalah, dalam pelaksanaannya mungkin ada berbagai perubahan yang terjadi sehingga memerlukan berbagai penyesuaian. Kita perlu melakukan diagnosis kembali terkait obat berupa inovasi yang kita berikan apakah dapat menyembuhkan penyakit atau masalah yang diderita atau dihadapi.” Jelasnya.

 Secara pribadi, Agus Sudrajat menyampaikan sangat mendukung pelaksanaan kegiatan evaluasi ini, untuk dapat mengidentifikasi mana inovasi yang berjalan sesuai harapan, mana inovasi yang berjalan namun perlu penyesuaian dan mana inovasi yang tidak bisa berjalan.

 “Identifikasi ini menjadi penting untuk tetap melanjutkan dan meningkatkan pelayanan Setwan Kota Medan kepada pimpinan dan anggota dewan serta untuk menjaga nilai indeks pelayanan stakeholders tetap berada dalam kategori baik.” Tutupnya.

 Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua I DPRD: Kota Medan H. Ihwan Ritonga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada LAN yang tidak pernah jemu memfasilitasi Setwan Kota Medan.

 “Semoga kerjasama ini menghasilkan karya-karya yang lebih cemerlang kedepan, saya berharap rencana aksi inovasi yang merupakan hasil pendampingan dengan para narasumber LAN dapat segera diimplementasikan dan mampu mendongkrak kinerja Setwan” tutupnya.

Skip to content