Menu Close

Kembangkan Kapasitas Pegawai dalam meningkatkan Personal Branding, LAN selenggarakan Pelatihan Graphic Design dan Continuous Integration

Jakarta – Kompetensi aparatur sipil negara (ASN) berperan penuh dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman yang dinamis. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menuntut setiap ASN mampu beradaptasi secara cepat dan lincah (agile). Hal ini diungkapkan Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dra. Reni Suzana, MPPM saat memberikan sambutan kegiatan Pelatihan Teknis Desain Grafis menggunakan Canva dan DIGILib Continuous integration yang diselenggarakan secara Virtual pada Senin (7/3).

Reni menyampaikan bahwa pengembangan kompetensi ASN merupakan hak setiap pegawai hal ini sejalan dengan Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014, pada pasal 70 yang menjelaskan “Setiap Pegawai ASN memiliki hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi”. Pengembangan kompetensi dapat dilakukan antara lain melalui pendidikan dan pelatihan, seminar, kursus, dan penataran.

“Ini merupakan amanat Undang-undang yang harus menjadi bahan perhatian setiap instansi pemerintah, maka LAN sebagai organisasi pembelajar harus menjadi role model dalam menerapkan UU ASN tersebut. Adapun jumlah hak yang dimiliki setiap pegawai ASN untuk mengembangkan diri adalah sebanyak 20 jam pelajaran selama satu tahun, masih relatif singkat terlebih jika dihadapkan pada tuntutan masyarakat yang tinggi akan pelayanan aparatur,” tambahnya.

Reni juga menjelaskan penyajian informasi menjadi salah satu pelayanan terhadap masyarakat, maka diperlukan sentuhan-sentuhan artistik sehingga dapat dipahami dengan mudah. Saat ini informasi tidak melulu dalam bentuk teks yang membosankan, tetapi dapat diramu menjadi infografis yang memudahkan masyarakat untuk mengerti informasi tersebut.

“Aplikasi Canva ini merupakan salah satu platform grafis yang lebih mudah digunakan, mudah dipahami serta diaplikasikan dalam menyajikan informasi yang lebih menarik dan informatif, selain itu juga pegawai akan mendapatkan pengetahuan terkait integrasi berkelanjutan (Continuous Integration), yang merupakan pengembangan perangkat lunak yang lebih terorganisir,” tambahnya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum (SDMU), Yusuf Gunawan Idris, SIP, ME menyampaikan kedua pelatihan teknis ini dilaksanakan secara virtual menggunakan Learning Management System (LMS) ASN Corpu yang terintegrasi dengan asn-unggul.lan.go.id. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai dari 7 Maret sampai dengan 11 Maret 2022 dengan menggandeng Nurul Fikri Cipta Inovasi.

“Harapan kedua pelatihan dapat memberikan dampak positif baik bagi unit kerja maupun instansi dalam rangka meningkatkan personal branding Lembaga Administrasi negara” tutupnya

Pelatihan ini diikuti oleh 60 pegawai di lingkungan LAB Jakarta yang terdiri dari pelatihan desain grafis menggunakan Canva diikuti sebanyak 50 orang dan Pelatihan Continuous Integrated diikuti sebanyak 10 orang.

 

 

Skip to content