Menu Close

Akselerasi Kinerja Organisasi Pasca Peralihan Fungsional Peneliti, LAN Lantik 39 Pegawai Fungsional

Jakarta – Menindaklanjuti amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk melakukan penyederhanaan birokrasi dan sebagai bentuk komitmen Lembaga Administrasi Negara (LAN) terkait kebijakan peralihan peneliti ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si, melantik 39 (tiga puluh sembilan) Pejabat Fungsional di lingkungan LAN. Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional tersebut dilaksanakan di Aula Prof Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jalan Veteran 10, Jakarta Pusat, Senin (21/12). 

“Pada dasarnya, Jabatan Fungsional mengacu pada profesionalitas, dimana sebuah jabatan dipercayakan kepada pihak-pihak yang mampu mengemban tugas sehari-hari secara profesional. Untuk itu, selain menjadi momentum dalam perjalanan karir sebagai Pegawai Negeri Sipil, dengan dilantik menjadi Pejabat Fungsional, para pegawai memiliki amanat baru yang harus dijalankan dengan baik,” ujar Adi Suryanto.

Kepala LAN juga menambahkan, pelantikan jabatan fungsional ini dilakukan juga dalam rangka peralihan pejabat fungsional peneliti ke BRIN, beberapa pegawai yang memilih berkarier sebagai peneliti dan beberapa pegawai memilih untuk tetap berkarir di LAN melalui peralihan ke jabatan fungsional lain.

Kepala LAN juga berharap bahwa dengan dilantiknya para Pejabat Fungsional tersebut, tercipta sistem kerja yang lebih proporsional, efektif, dan efisien. Dengan demikian hal tersebut dapat mengakselerasi kinerja, meningkatkan kekuatan organisasi, dan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada publik.

Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional tersebut diselenggarakan dengan menggunakan metode blended, dimana terdapat 13 (tiga belas) pegawai dilantik secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan sisanya mengikuti kegiatan melalui video conference. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh segenap Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan LAN. (humas)

Skip to content