Menu Close

LAN Gelar Ekspose Model Inovasi Pelayanan Publik 2021

Jakarta – Pendidikan dan Kesejahteraan rakyat merupakan dua hal yang saling terkait erat dan merupakan kewajiban bagi pemerintah untuk mengupayakan berbagai perbaikan kebijakan dan implementasinya. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, Dra. Isti Heriani, MBA saat menyampaikan  sambutan Kepala LAN pada pembukaan kegiatan Ekspose Model Inovasi Pelayanan Publik 2021 di ruang kelas A dan B, Kantor LAN Veteran Jakarta Pusat, Selasa (7/12).

Lebih lanjut Isti menjelaskan bahwa pelaksanaan urusan Pendidikan bukanlah merupakan hal yang mudah. Pada kondisi covid-19 yang dialami oleh dunia saat ini memberikan tantangan dan tekanan yang lebih dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Diperlukan Kerjasama dan kolaborasi antar aktor serta dibutuhkan inovasi inovasi dalam upaya membangun sistem pendidikan yang lebih baik”, jelasnya.

Sementara itu dalam bidang Perekonomian, kondisi covid-19 yang menerpa saat ini juga turut memberikan tekanan dalam bidang ekonomi tak terkecuali perkembangan sektor UMKM terutama ekonomi pada masyarakat kecil. 

“Apresiasi  yang setinggi tingginya kepada narasumber atas masukannya terhadap materi yang kita bahas hari ini, serta  pencerahan bagi kita semua dalam mendorong perbaikan kualitas pelayanan publik di Indonesia”, tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Umum Pusat Inovasi Administrasi Negara PIAN LAN / Analis Kebijakan Madya LAN, Antun Nastri Sidik, dalam paparannya mengenai model inovasi pelayanan publik sektor pendidikan dan ekonomi kerakyatan menerangkan bahwa nantinya tulisan seri model inovasi akan memuat berbagai konsep dan praktik penyelenggaraan pemerintahan inovatif untuk memperkaya khasanah inovasi pada sektor publik, dan sebagai salah satu sumber acuan dalam mengakselerasi tumbuh kembangnya inovasi pada sektor publik di Indonesia.

“Dalam buku model inovasi sektor pendidikan dan ekonomi kerakyatan kami mengambil data  inovasi yang berasal dari berbagai sumber yaitu inovasi yang dihasilkan dari Laboratorium Inovasi LAN RI, best practice buku top 99 dan 45 Sinovik Kemenpan RB, praktik inovasi dari beberapa wilayah,  dan sebagainya.”, terangnya.

Hadir secara virtual melalui Zoom Meeting, Koordinator Umum Direktorat Pendidikan Menengah Atas Kemendikbud, Juandanilsyah menjelaskan mengenai inovasi pendukung di Sekolah Menengah Atas. E-Raport yang merupakan salah satu Aplikasi berbasis web untuk manajemen penilaian dan menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada SMA yang efektif, efisien, dan akuntabel.

Sementara itu Direktur Center of Economic and Law Studies/CELIOS, Bima Yudhistira, menjelaskan bahwa banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terkendala skala produksi kecil sehingga belum bisa bersaing dalam pasar global. Diperlukan peran aggregator yang terdiri dari Pemerintah, BUMD, dan BUMN sebagai pengawas kualitas, mengumpulkan barang dari bisnis kecil, dan melakukan perencanaan logistik.

Kegiatan Ekspose Model Inovasi Pelayanan Publik 2021 ini dilaksanakan secara blended dan dihadiri lebih dari 400 peserta yang terdiri dari para pejabat fungsional baik dari instansi pusat dan daerah, penggiat inovasi dari daerah di seluruh Indonesia dan masyarakat umum melalui zoom meeting. Selain ditujukan untuk menginspirasi pihak-pihak terkait untuk dapat menerapkan dan mengembangkan inovasi pelayanan publik, dari kegiatan diseminasi model inovasi pelayanan publik ini diharapkan akan mendapatkan masukan dari narasumber dan peserta lainnya untuk perbaikan output model inovasi pelayanan publik yang nantinya akan dipublikasikan secara luas.

Skip to content