Menu Close

Tingkatkan Kemampuan Berbicara ASN, Puslatbang KDOD Gelar Webinar Public Speaking

Samarinda – “Great Speakers aren’t born, they are trained!” tegas Kang Nugie, Narasumber dalam kegiatan Webinar dengan tema “Hi ASN! Be a Smart and Confident Public Speaker. Speak Up Your Mind!” yang diselenggarakan oleh Puslatbang KDOD LAN pada hari ini, Jum’at (8/10) secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Setiap kata-kata yang keluar dari mulut kita menurut Kang Nugie harus diucapkan dengan penuh kehati-hatian, karena kata-kata dapat mengubah pikiran dan perasaan, keputusan, tindakan/perbuatan, dan juga kehidupan orang lain. Oleh karena itu, Kang Nugie menyampaikan bahwa hendaknya kita selalu berusaha untuk menggunakan kalimat yang bermakna positif, karena akan berdampak positif pula nantinya.
“When you get serious, you get stupid! Semakin kita serius, semakin kita bodoh, semakin kita blank, karena kita selalu memikirkan apa materi yang akan kita sampaikan. Semakin kita berfikir, kita akan semakin memberikan pressure pada diri kita” jelas Kang Nugie. “Semakin anda rileks, maka hormon endorphin anda juga akan keluar, sehingga fikiran anda juga akan terasa nyaman”, sambungnya lagi. Menurut Kang Nugie, selama ini kebanyakan orang selalu berpikir bahwa bicara di depan orang banyak itu adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Kebanyakan orang akan takut untuk terlihat bodoh, sehingga selalu ingin menyusun kata-kata yang bagus, berbicara teratur, dan takut jika melakukan kesalahan dalam berbicara. Inilah yang menyebabkan seseorang akhirnya sering mengalami hilangnya kepercayaan diri bahkan sebelum mulai berbicara.
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengatasi segala macam permasalahan dalam menerapkan public speaking? Kang Nugie mengatakan bahwa jam terbang menjadi salah satu kunci untuk menjadi pembicara yang baik. “Teruslah berlatih, agar anda terbiasa berbicara. Namun yang perlu diingat, ada tiga hal yang menjadi unsur utama dalam komunikasi, yaitu 55% Body Language, 38% Tone, dan 7% Words. So, jika komunikasi hanya mengandalkan bicara saja, maka anda juga hanya akan sukses 7% saja”, terang Kang Nugie lagi. Kemudian tips public speaking lainnya dikatakan oleh Kang Nugie adalah dengan menggunakan suara yang meyakinkan, smiling voice, artikulasi yang jelas, eye contact, gesture yang positif, dan menghadirkan ekspresi yang sesuai.
Di akhir paparannya, Kang Nugie memberikan closing statement yang sangat menarik. Ia mengatakan bahwa ada tiga kunci yang harus kita pegang, yaitu do your best, repetition, dan kita juga harus menjadikan setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah kelas, dan setiap waktu adalah jam terbang. “So, be a smart and confident public speaker. Speak up your mind!” tutupnya.
Acara yang juga disiarkan secara live streaming di Youtube Puslatbang KDOD LAN ini, mengundang banyak respon positif dari seluruh peserta. Antusiasme peserta membuat banyak pertanyaan yang akhirnya juga tidak dapat dibahas lebih lanjut karena keterbatasan waktu. Kedepannya diharapkan kegiatan-kegiatan serupa akan sering diselenggarakan dengan tema-tema yang juga tak kalah menariknya. (ler/ler)
Scroll Up