Menu Close

BLPK LAN sambut baik kerjasama KASN dalam kegiatan Penilaian Kompetensi seleksi calon Asisten Komisioner KASN

Jatinangor – Rabu (15/9) telah dilaksanakan Kegiatan Pembukaan Penilaian Kompetensi dalam rangka seleksi calon Asisten Komisioner KASN yang diikuti sebanyak 7 orang peserta. Dalam kesempatan tersebut hadir secara virtual, Sekretaris utama LAN Dra. Reni Suzana, MPPM yang memberikan sambutan mendampingi Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Tasdik Kinanto, SH.,M.Hum yang membuka secara resmi kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari kerja pada 15-16 September 2021.

Reni menyatakan dalam sambutannya “Pegawai publik dalam kompetensinya  masih belum mengutamakan kompetensi yang dikaitkan dengan standar jabatan dari Kemenpan RB tahun 2017. Penilaian lain yang sempat dirilis Puspenkom BKN bahwa beberapa profil kompetensi JPT Pratama di Indonesia ternyata belum memiliki semua standar / belum sesuai dengan aturan standar Permenpan RB. Untuk itu kali ini kami mensupport KASN untuk melakukan seleksi terbuka bagi calon-calon asisten komisioner. Semoga hasilnya nanti dapat memberikan support luar biasa dalam mendukung kinerja KASN menjalankan tugas dan fungsi yang diamanatkan dalam Undang-Undang KASN.”

Dalam kesempatan membuka secara resmi Tasdik juga memberikan pesan pada para peserta ”Tugas KASN itu tugas yang sangat strategis, berat serta banyak musuhnya. Karena KASN bertugas meluruskan dan mengembalikan ASN pada posisi yang benar sesuai aturan perundang-undangan. Mencegah intervensi politik di birokrasi pemerintah khususnya di daerah masih menjadi persoalan mendasar yang mesti dihadapi. Namun dengan segala upaya yang konsisten dan komunikasi pada pimpinan instansi maupun daerah akhirnya ada yang mau memahami dan melaksankaan rekomendasi KASN. Proses untuk meyakinkan ini tidak mudah, jd disini para Asisten Komisioner perlu memiliki  kemampuan meyakinkan para pimpinan instansi dan daerah untuk kembali  menuju jalan yang benar mengacu pada sistem meritokrasi. Melakukan analisis dan memberikan alternatif solusi yang terbaik untuk memutuskan permasalahan yang sangat beragam di daerah.” (Humas)

Scroll Up