Menu Close

Latsar CPNS Merupakan Pembelajaran Awal Berkolaborasi

Jatinangor – Pelatihan Dasar adalah kesempatan pertama proses pembelajaran, ke depan setelah mengikuti latsar akan mendapatkan banyak kesempatan pengembangan diri melalui berbagai pelatihan sesuai dengan kebutuhan kompetensi. Tentu para peserta masih sangat ingat dengan “ANEKA”. ANEKA ini tidak hanya dipelajari sebagai konsep, namun bagaimana para alumni latsar mampu mengaktualisasikan, mampu menginternalisasi dalam pelaksanaan tugas dan peran sebagai ASN. Nilai ANEKA tidak boleh berhenti setelah Latsar CPNS ini berakhir. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dra. Reni Suzana, MPPM dalam kesempatannya memberikan sambutan dan melepas peserta secara resmi pada upacara penutupan Latsar CPNS Gol III angkatan I Puslatbang PKASN, Selasa, (22/6)

“Alumni Latsar CPNS harus terus berfikir dan mengembangkan bagaimana ANEKA ini diimplementasikan dengan sebaik-baiknya. Karena kalau hanya memandang ANEKA sebagai sebuah konsep, maka konsep bisa hilang ditelan waktu.” tambahnya

Reni Suzana juga menyampaikan, terlebih kondisi pandemi yang sudah setahun lebih yang meninggalkan banyak kesan dan banyak tantangan. Presiden Joko Widodo sering mengingatkan kepada seluruh ASN bahwa masa pandemi adalah tantangan yang sangat besar. Para ASN diminta bahkan dituntut menyediakan berbagai solusi dari semua permasalahan yang di hadapi sebagai dampak dari pandemi. Banyak sekali pesan dari Bapak Presiden terutama bagaimana ASN bisa bersinergi dan berkolaborasi. Pelatihan Dasar CPNS merupakan pembelajaran awal untuk berkolaborasi. Para peserta yang berasal dari berbagai instasi dalam forum Latsar merupakan media pembelajaran untuk mencapai tujuan bersama sebagai ASN. Karena ke depan, tidak akan bekerja sendiri-sendiri melainkan harus berkolaborasi dengan ASN lain dari berbagai unit dan perangkat daerah lainnya. “ASN harus berkolaborasi, semangat berkolaborasi akan mendorong secara aktif komunikasi, solusi-solusi dan membangun kreativitas bersama. ASN tidak bekerja seperti mesin yang kaku dan tidak berkembang. Pesan Presiden ini tentu harus direspon dengan baik oleh jajaran dibawahnya, karena hanya dengan berkolaborasi, tantangan akan mudah dihadapi dan tujuan bersama mudah dicapai”. Tutupnya (Humas)

Scroll Up